Lhokseumawe — Sebanyak 1.171 mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Malikussaleh, Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mendapat beasiswa dari pemerintah untuk tahun 2012.

Pembantu Ketua IV STAIN Malikussaleh Darmadi Sulaiman di Lhokseumawe, Rabu mengatakan, penerima beasiswa yang berasal dari dana APBN itu hampir semuanya mahasiswa katagori miskin.

Dikatakan, setiap mahasiswa mendapatkan beasiswa Rp1.000.000/tahun.

Disebutkan, selain dari APBN, mahasiswa STAIN Malikussaleh juga mendapatkan beasiswa dari APB Aceh.

Namun, beasiswa yang berasal dari anggaran Provinsi Aceh diperuntukkan bagi aktivis mahasiswa dan atlet di berbagai cabang olahraga.

Kepada mahasiswa berprestasi juga diberikan beasiswa dari pos anggaran dimaksud, namun dengan catatan nilai indeks prestasi (IP) terendah 3.00 pada masing-masing program..

Selain dari APBN dan APBA, mahasiswa STAIN Malikussaleh juga mendapatkan beasiswa dari Yayasan Supersemar sebanyak delapan orang, yang tiap tahunnya mendapatkan dana sebesar Rp2 juta.

Selanjutnya, beasiswa dari PT Arun (bea siswa abadi) untuk 50 orang masing-masing sebesar Rp3 juta, dan beasiswa dari Dikti dua orang dengan bantuan Rp25 juta/orang.

Darmadi menyebutkan, umumnya mahasiswa yang menjalani pendidikan di STAIN Malikussaleh dari kalangan kurang mampu. Salah satu indikatornya adalah susahnya mahasiswa membayar SPP dan kebutuhan pendidikan lainnya.

Mahasiswa di perguruan tinggi tersebut juga banyak yang berasal dari pedalaman Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe dengan kondisi ekonomi yang pas-pasan.

Saat ini jumlah mahasiswa aktif yang tercatat di STASIN Malikussaleh Lhokseumawe 4.000 orang. (ant)

KOMENTAR