Ontario — Sistem operasi terbaru segera diluncurkan pada 30 Januari 2013 oleh perusahaan pembuat telepon BlackBerry, ‘Research in Motion’ atau RIM.

Sebagaimana informasi terkini dari Ontario, Kanada, bersamaan dengan peluncuran sistem operasi itu, RIM juga bakal memperkenalkan sejumlah ponsel terbarunya. Sistem operasi ini merupakan lompatan dari sistem operasi BlackBerry 7, yang diluncurkan tahun lalu.

“Kami yakin para konsumen kami akan merasakan pengalaman terbaik dengan sistem operasi ini,” kata Thorsten Heins, Chief Executive Officer BlackBerry.

Peluncuran sistem operasi ini telah tertunda beberapa kali. Ini membuat pangsa pasar BlackBerry tergerus oleh pendatang baru seperti ponsel berbasis Android.

Saat ini manajemen sedang mengetes penggunaan sistem operasi ini dan ponselnya dengan sekitar 50 jaringan telekomunikasi di berbagai negara.

Sistem operasi yang juga disebut berbasis QNX ini bakal mampu mengoperasikan aplikasi berbasis Android tanpa perubahan apapun. Ini bakal menjadi keuntungan besar bagi RIM yang mencoba merebut kembali pangsa pasarnya.

Saat ini, para pengguna ponsel berbasis Android bisa dengan leluasa mengunduh berbagai macam aplikasi gratis dan murah di toko online Android, yaitu Google Play. (iposnews.com)

KOMENTAR