Tokyo — Satu bengkel di Chiba, Jepang, berancang-ancang meluncurkan sepeda motor listrik dengan desain keren. Keren desain dan bentuk, keren juga harganya. Zecoo, besutan Kota Nezu ini dibanderol 90.000 dolar AS atau sekitar Rp900 juta.

Perancangnya menyebut sepeda motor itu sebagai kendaraan masa depan. Sepeda motor yang diberi nama Zecoo menggunakan tenaga listrik dengan penekanan pada rancangannya.

Disebutkan, sepeda motor masa depan ini diproduksi di Jepang dengan menggunakan komponen terbaik yang diproduksi negara itu. “Saya memimpikan sepeda seperti ini sejak masa kanak-kanak,” kata perancang Zecoo, Kota Nezu, yang sebelumnya juga merancang Toyota Motor.

Dua bulan setelah bencana gempa dan tsunami tahun lalu, Nezu merampungkan rancangannya. Dia kemudian membawa sketsa rancangan ke Masaki Nakamura yang seorang ahli industri mahal. Masaki Nakamura sendiri merupakan pemilik bengkel yang memodifikasi sepeda motor selama 20 tahun di perfektur Chiba, tidak jauh dari Tokyo. Di bengkel Nakamura itulah sepeda motor listrik Zecoo dilahirkan.

“Saya sangat gembira ketika saya melihat sketsa dan saya pikir saya memang harus membuatnya,” kata Nakamura.

Baik Nakamura maupun Nezu membujuk teman dan kenalan mereka untuk mendukung mereka. “Kami adalah seperti anak remaja laki-laki yang mencintai sepeda motor,” jelas mereka. Namun ahli industri di Jepang sangat mahal sehingga Zecoo yang diharapkan bisa membantu menghidupkan kembali semangat “Dibuat di Jepang” juga menelan biaya besar. (harianterbit.com)

KOMENTAR