Singkil — Memasuki pekan kedua banjir yang melanda 16 desa di Kecamatan Singkil sekitarnya, warga mulai diserang berbagai penyakit sehingga pemerintah daerah mulai menyiagakan pos kesehatan.

Pos kesehatan menggunakan mobil Puskemas Keliling setiap hari menyambangi lokasi-lokasi banjir, terutama Kampung Ujung Bawang.

Petugas Puskesmas Keliling, Nofrida Pohan yang ditemui Analisa di lokasi banjir Kampong Ujung Bawang, Senin (12/11), menyebutkan, pihaknya konsentrasi di Ujung Bawang karena kawasan ini jauh dari Puskesmas.

Selain itu, kampung ini merupakan salah satu desa terparah yang terendam banjir, sedangkan warga di Kampung Ujung sekitarnya lebih dekat dengan Puskesmas Rawat Inap Singkil.

Disebutkan, memasuki pekan kedua banjir di Singkil sekitarnya, warga mulai terserang berbagai penyakit. Terutama penyakit gatal-gatal karena warga sering terendam air, kemudian penyakit reumatik dan demam. “Paling banyak ditemukan tiga jenis penyakit yaitu gatal-gatal, reumatik dan demam. Ada juga sesak nafas dan penyakit lainnya,” ujar Nofrida Pohan. (analisadaily.com)

KOMENTAR