Jantho — Kabupaten Aceh Besar diharapkan mampu menjadi model pembangunan pertanian di di provinsi itu di masa mendatang.

“Aceh Besar berpotensi menjadi model pembangunan di sektor pertanian sebab kabupaten ini memiliki areal pertanian yang cukup luas,” jelas Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Provinsi Aceh Hasanuddin Darjo di Kabupaten Aceh Besar, Selasa (5/3).

Dia menjelaskan komitmen pemerintah daerah di sektor pertanian merupakan salah satu langkah yang tepat dalam memaksimalkan seluruh areal pertanian potensial.

Dia mengatakan Aceh Besar mampu memenuhi kebutuhan pangan untuk daerah tersebut, kawasan ibu kota Provinsi Aceh Banda Aceh dan Kota Sabang.

“Artinya dengan menjadi daerah penyangga pangan untuk kedua kawasan lainya maka upaya menjadi model pembangunan pertanian akan bisa dicapai di msa mendatang,” jelasnya.

Untuk mewujudkan model pembangunan pertanian, Hasanuddin Darjo juga meminta dukungan aktif dari PPL guna membina dan membimbing petani dalam memperoleh hasil pertanian yang lebih baik.

“Pembinaan peningkatan produktivitas pertanian akan berdampak positif terhadap hasil dan pendapatan yang akan diterima petani,” paparnya.

Dia mengatakan meningkatkan pendapatan petani di Aceh Besar khususnya dan Aceh umumnya merupakan salah satu program dari pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat.

Dia menyakini dengan dukungan semua pihak akan mampu menjadikan Aceh Besar berkontribusi dalam upaya peningkatan produksi pangan di provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu.

Sementara itu, Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan perhatian untuk sektor petanian dalam upaya meningkatkan kesajahteraan petani di masa mendatang. (ant)

KOMENTAR