Banda Aceh — Biasanya setiap tanggal 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan hari pertama lebaran Idul Adha, keturunan Kerajaan Daya menggelar upacara Seumeuleung.

Seumeuleung (saling menyuap makanan, -red) merupakan salah satu tradisi yang dipelihara turun terumurun oleh keturunan Raja Daya di Lamno. Kebiasaannya, tiap ada upacara adat ini, warga Lamno tumpah ruah di komplek makam Po Teumeureuhom untuk menggelar upacara Seumeuleung. Selain itu, usai upacara sering dilanjutkan kenduri dengan melakukan penyembelihan sapi atau kerbau.

Kali ini upacara tahunan diadakan pada hari Minggu, 28 Oktober yang nantinya dipusatkan di makam Raja Alaiddin Riayatsyah di Gle Jong Desa Kuala Daya, Kecamatan Jaya, Lamno – Aceh Jaya.

Prosesi adat ini merupakan peninggalan ratusan tahun lalu dan satu-satunya yang masih dilestarikan di Aceh Jaya. Upacara ini juga terbuka bagi masyarakat umum, bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut bisa menghubungi panita pelaksana T Zaini (081360485033) atau lihat di http://www.facebook.com/events/112188472273250.[]

KOMENTAR