Blangpidie – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim dinilai melecehkan perjuangan pendahulunya yang memperjuangkan pembentukan kabupaten tersebut menjadi defenitif sejak 8 tahun lalu melalui UU Nomor 4 Tahun 2002.

Tudingan tersebut disampaikan Ketua Umum FKPA Banda Aceh Imran Mahfudi SH, Senin (12/4/2010). Menurutnya pemekaran kabupaten Abdya sejak tanggal 10 April 2002 lalu itu merupakan hasil perjuangan yang sangat melelahkan dari rintisan para tokoh-tokoh masyarakat dengan melakukan berbagai upaya sehingga bisa terbentuk sebuah kabupaten yang definitif.

Pihaknya mengharapkan Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH menghargai jeri payah para pendahulu yang telah bersusah payah melahirkan kabupaten tersebut. “Setidaknya Akmal bisa mengenang jasa pahlawan yang melahirkan kabupaten yang kini didudukinya itu sebagai raja,” sebut Imran.

Senada dengan Imran, Syarifudin Thalep, warga asal Susoh yang juga mantan anggota DPRD Aceh Selatan (ketika Abdya masih dibawah Aceh Selatan pada waktu itu) periode 1992 – 1997, Senin (12/4/2010) menyatakan keprihatinannya atas sikap Pemkab Abdya yang terkesan “lupa diri” karena tidak memperingati hari jadi daerah. Pihaknya menilai, Pemkab Abdya terkesan tidak mensyukuri nikmat dengan usia kabupaten yang sudah mencapai 8 tahun saat ini. “Kita sangat sayangkan ini,” ujarnya.

Dilain pihak, Anggota DPRK Abdya dari Fraksi Gabungan RS Darmansyah, mengaku sangat kesal dengan sikap diamnya Pemkab Abdya yang tidak mau memperingati hari jadinya daerah Abdya, padahal menurutnya anggaran untuk kegiatan tersebut sudah disahkan dewan Abdya.

Ditambahkan RS Darmansyah yang juga Sekretaris Komisi-D DPRK Abdya itu, anggaran untuk pelaksanaan memperingati hari jadi daerah Abdya sudah disahkan dewan sebesar Rp500 juta, akan tetapi pihaknya mengaku sangat heran mengapa Pemkab Abdya masih adem-ayem saja. “Jika memang tidak diperingati hari jadi daerah, maka anggaran tersebut harus dialihkan ke program lain, kita akan awasi pengalihannya dan jangan sampai anggaran itu hilang,” ujarnya.

Terkait masalah itu, Asisten-I Setdakab Abdya Drs Ramli Bahar ketika dihubungi melalui poselnya mengaku sejauh ini belum ada persiapan Pemkab Abdya kearah peringatan hari jadi daerah. Akan tetapi pihaknya berjanji akan segera membahas masalah tersebut dengan Sekdakab Abdya. “Kita akan bicarakan nanti,” katanya singkat.(*kha/fri)

KOMENTAR