iPad

iPad

Jakarta–Komputer tablet Apple iPad akan mendominasi pasar tablet hingga tahun-tahun mendatang, menurut analisis terbaru Gartner.

Gartner memperkirakan Apple iPad mempertahankan pangsa pasarnya yang lebih dari 45 persen di seluruh dunia hingga 2016.

Kekuatan Apple mulai melonggar tapi Gartner mengatakan bahwa iPad masih menyumbangkan sebesar 73,4 persen dari penjualan tablet pada 2011 dan 83 persen pada 2010.

Apple masih akan mendapat keuntungan besar-besaran karena total pasarnya akan terus tumbuh pesat. Pada akhir 2016, sekitar 665 juta tablet akan di gunakan, kata rumah analis.

Apple iPad akan memiliki penantang terbaru yaitu perangkat yang berbasis sistem operasi Microsoft Windows 8 yang akan datang akhir tahun ini dan dirancang untuk desktop dan komputer tablet. Selain perangkat berbasis sistem operasi Google Android.

Gartner mengatakan produsen tablet terlambat membuat perubahan hingga 2016. Saham Windows tablet tidak lebih dari 12 persen.

Pola kerjanya berbeda dengan cara ponsel pintar berbasis Google Android mengalahkan Apple iPhone.

Total penjualan tablet global diperkirakan akan berjumlah 118.900.000 unit pada 2012, naik 98 persen dari 2011 atau 60 juta unit, kata perusahaan.

“Meskipun vendor PC dan produsen ponsel menginginkan bagian kue dan terjun ke pasar tablet. Sejauh ini, kami jarang melihat keberhasilan di luar Apple iPad,” kata Wakil Presiden Penelitian Gartner Carolina Milanesi.[]

Antaranews

KOMENTAR