Mulai April 2013 Perusahaan Internet Yahoo! akan menutup enam layanan serta program pengguna antarmuka (API) mereka. Enam layanan tersebut yaitu Avatar, aplikasi untuk BlackBerry, Clues (beta), App Search, Sports IQ, dan Message Board.

“Sebelum mengambil keputusan (penutupan layanan) ini, kami melihat pada sejumlah faktor. Pertanyaan kami paling utama yaitu apakah penyajian tampilan mencerminkan kebiasaan keseharian Anda sekarang ini,” tulis Executive Vice President Platform Yahoo!, Jay Rossiter, dalam situs resmi perusahaan itu seperti yang diberitakan Antaranews.com.

Rossiter mengatakan Yahoo! berusaha mempertajam produk dan layanan inti mereka bagi pengguna Internet.

Namun, Rossiter tidak menyebutkan layanan andalan Yahoo! di tengah kompetisi perusahaan-perusahaan mesin pencari dan media jejaring sosial yang masih marak.

Yahoo! Avatar dan aplikasi untuk BlackBerry memang akan ditutup pada 1 April. Tapi, para pengguna sebelumnya dapat terus memakai layanan itu. Hanya saja Yahoo! tidak lagi mendukung kedua layanan itu.

Sementara, empat layanan lain akan benar-benar dihapuskan pada 1 April dan diikuti penghapusan API Yahoo! pada 16 April.

Strategi Yahoo! itu menyusul penghapusan fitur ruang obrol publik (public chat rooms) pada layanan perpesanan Yahoo Messenger pada akhir 2012. Sebelumnya, Yahoo! juga telah melepaskan jejaring sosial Koprol pada Agustus 2012.(ant)

KOMENTAR