Sosialisasi Blog dan Internet Sehat di Bireuen (Dok. Aceh Blogger)
Sosialisasi Blog dan Internet Sehat di Bireuen (Dok. Aceh Blogger)

SESUAI dengan Teknologi, Infomasi dan Komunikasi (TIK) Masterplan Banda Aceh untuk tercapainya misi Banda Aceh Islamic Cyber City (BAICC) Sumatera, One Horizon Group – PT. Permata Equator Media yang diwakili oleh Iskandar Bakri dan Gunawan Ari Hantoro, mengadakan sosialisasi tentang Program Online, Education berbasis Pusat Sumber Belajar Virtual (PSBV) kepada Walikota dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Banda Aceh, Kamis (16/5) di Kantor Walikota Banda Aceh.

“Misi kami adalah misi yang mulia. Kami ingin berkerja sama dengan Kota Banda Aceh untuk meningkatkan layanan masyarakat (public service) di sektor pendidikan, memberikan ribuan e-book gratis bagi semua siswa dan guru di kota ini yang mempunyai access ke intranet PSBV,” kata Gunawan Ari Hantoro.

Selain itu, Permata Equator Media menyumbang buku rujukan, reference dan alat peraga ke sekolah-sekolah di Banda Aceh senilai 350 juta rupiah dalam bentuk buku-buku referensi dan alat peraga. Secara simbolis, Gunawan Ari Hantoro menyerahkan Globe, buku tentang Aceh dan Reference langsung kepada Wali Kota.

Menurut Iskandar Bakri, sistem dan konten PSBV melalui jaringan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan membantu Kota Banda Aceh mempercepat Penyetaraan Standar Mutu Pendidikan untuk seluruh sekolah di perkotaan.

“PSBV adalah satu solusi yang tepat untuk mencapai tujuan kesetaraan kelulusan mutu pendidikan nasional. Ini metode yang cepat, tepat, murah dan bermutu,“ tambah Iskandar.

Manfaat PSBV untuk siswa diantaranya, (1) Siswa dapat belajar bersama-sama di kelas atau belajar sendiri di rumah, dengan bahan pelajaran yang sama dengan bahan pelajaran di provinsi lain di Indonesia. (2) Siswa dapat mengevaluasi dan dapat melatih kemampuannya untuk melakukan tes bagi dirinya sendiri. Jaringan ini menyediakan fasilitas soal-soal untuk ujian harian, ujian tengah semester, ujian semester, ujian nasional dan ujian-ujian Olimpiade Sains Nasional. (3) Siswa dapat bermain sambil belajar dengan menggunakan jaringan. (4) Siswa dapat memperoleh informasi secara aktual melalui jaringan.

Pelaksanaan PSBV menghandalkan (1) Manajemen Sekolah; 2.Bahan Belajar & Mengajar; 3.Laboratorium Virtual; 4.Perpustakaan Virtual dan 5. Kecakapan Hidup; ditambah dengan Blog (guru dan siswa), Video Conference, dan Telpon VOIP.

Sistem PSBV yang ditawarkan Permata Equator Media ke sekolah-sekolah di Banda Aceh berkonten lebih dari 4.000 buku dan materi belajar interaktif . Bahan-bahan buku berasal dari sekitar lebih dari 120 penerbit Nasional di Indonesia dan dari Pustekom. Jaringan dapat melayani 80 kelas dalam waktu bersamaan dan bahan konten akan diupdate terus menerus. (kabarindonesia.com)

KOMENTAR