Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) siap mengalokasikan anggaran untuk program Bidik Misi 2012 sebesar Rp13,2 miliar. Anggaran ini disiapkan karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) di tahun 2012 ini tidak lagi mengcover anggaran beasiswa Bidik Misi terhadap perguruan tinggi yang berada di bawah Kemenag.

“Kami sudah siap untuk mengcover beasiswa Bidik Misi di tahun 2012 ini. Anggarannya sekitar Rp 13,2 miliar untuk 2200 orang mahasiswa,” ungkap Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Nur Syam di Gedung Kemenag, Jakarta, Selasa (22/5).

Nur Syam menjelaskan, kesiapan Kemenag mengenai anggaran beasiswa Bidik Misi ini sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Pasalnya, lanjut Nur Syam, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh juga sudah menyampaikan langsung kepada pihak Kemenag.

“Pos anggaran untuk Bidik Misi sudah kita siapkan jauh-jauh hari. Karena sebelum diputuskan, Mendikbud juga sudah menyampaikan langsung kepada pihak kita,” imbuhnya.

Lebih jauh Nur Syam menambahkan, saat ini yang harus dipersiapkan adalah pada proses penerimaan atau perekrutan mahasiswa penerima Bidik Misi 2012. Perekrutan ini, akan dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Nantinya bukan hanya dari kelengkapan admninistrasi saja. Akan tetapi, kita juga akan melakukan pengecekan kondisi keluarga calon penerima beasiswa Bidik Misi. Sehingga, harus benar-benar dari keluarga miskin yang berprestasi,” ujarnya. (cha/jpnn)

KOMENTAR