IlustrasiJakarta – Memiliki situs merupakan hal yang menarik dalam memprosikan diri, termasuk juga bagi pemerintah dalam menyebarkan informasi untuk masyarakat dan publik pada umumnya.

Informasi yang diberikan ini tentu untuk kepentingan kepada masyarakat, baik tentang potensi daerah, sumber daya serta segala sesuatu yang perlu diketahui oleh masyarakat dan pengguna internet.

Sebuah halaman muka bagi suatu institusi atau pemerintah memberikan sebuah pencitraan bagi diri sendiri.

Seperti dikutip Seputar Aceh dari Sidomi News, sebuah situs itu harus dibuat dengan tampilan yang semenarik mungkin sehingga bisa memberikan manfaat dan juga menggugah keinginan masyarakat untuk mengunjungi website tersebut.

Dalam rilisnya, Sidomi News membuat 10 urutan situs terbaik pemerintah di Indonesia. Namun, sayang tidak ada satupun yang masuk dari daerah paling barat Indonesia (Aceh, -red) yang mewakilinya.

Ada 10 situs pemerintah daerah yang dianggap memiliki tampilan desain terbaik dalam situs mereka. Sepuluh situs tersebut versi Sidomi News, yaitu:

  1. Situs milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Alamat dari situs resmi milik Provinsi DKI Jakarta adalah www.jakarta.go.id. Desainnya yang menarik disesuaikan dengan karakter masyarakat Jakarta yang sebagian besar sudah akrab dengan teknologi internet.
  2. Situs milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Alamat website milik Provinsi Kalimantan Selatan sendiri adalah www.kalselprov.go.id. Di dalamnya berisi informasi yang berhubungan dengan pemerintahan Kalimantan Selatan.
  3. Situs milik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Provinsi yang terletak di pulau Sumatera ini memiliki alamat website resmi www.sumbarprov.go.id. Semua berita terbaru yang berhubungan dengan provinsi tersebut akan dimuat dalam situs ini.
  4. Situs milik Pemerintah Kota Bandung. Dengan menggunakan alamat www.bandung.go.id, masyarakat Kabupaten Bandung bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan pada situs tersebut.
  5. Situs milik Pemerintah Kabupaten Majalengkawww.majalengkakab.go.id adalah alamat resmi website milik pemerintah kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  6. Situs milik Pemerintah Kota Depok. Alamat website dari pemerintah kota Depok ini adalah www.depok.go.id.
  7. Situs milik Pemerintah Kota Bekasi. Sebagai kota yang berdekatan dengan ibukota negara, Bekasi memiliki website sebagai alat komunikasi dengan masyarakatnya. Website ini bisa diakses pada alamat www.bekasikota.go.id.
  8. Situs milik Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi. Alamatnya www.kuansing.go.id menyajikan informasi lengkap mengenai profil provinsi yang terletak di pulau Kalimantan.
  9. Situs milik Pemerintah Provinsi Bali. Sebagai tujuan wisata dunia, Bali memiliki kepentingan untuk menciptakan situs yang mampu menyajikan segala sesuatu terkait wilayah Bali. Itulah sebabnya, melalui website www.bali.go.id, pemerintah menyajikan semua gambaran yang bertujuan menarik minat wisatawan datang ke Bali serta juga informasi yang berhubungan dengan pemerintahan.
  10. Situs milik Pemerintah Kabupaten Boyolali. Boyolali terletak di provinsi Jawa Tengah. Berdekatan dengan gunung Merapi dan memiliki industri andalan susu sapi. Melalui www.boyolalikab.go.id, kabupaten ini hendak memperkenalkan potensi yang ada di wilayahnya, serta menyampaikan segala macam informasi yang dibutuhkan masyarakat.

Semoga di tahun berikutnya, ada salah satu situs dari pemerintahan di kabupaten/kota di Aceh yang masuk menjadi 10 situs pemerintah terbaik.(af)

KOMENTAR