Jakarta — Jakarnaval 2012 melibatkan provinsi lain untuk memeriahkan acara yaitu, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat, Papua, dan Jambi.

Penyelenggaraan karnaval ini merupakan kegiatan tahunan, sebagai bagian dari perayaan HUT ke-485 Kota Jakarta. Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati, menjanjikan acara ini berlangsung tertib dan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

“Tahun lalu melibatkan sampai ratusan ribu masyarakat. Karena ini agenda tahunan, jadi segala sesuatunya telah dikoordinasikan seperti tahun sebelumnya,” ujar Tinia, di Balai Kota, Kamis (7/6).

Dalam acara akan dimeriahkan pula oleh 1.000 anak negeri karnaval yang akan tampil dengan menggunakan kostum bermotif batik nusantara dari Solo Jawa Tengah.

Jakarnaval yang diselenggarakan pada 10 Juni ini, akan berlangsung selama 3 jam sejak pukul 15.00-18.00 WIB. Masyarakat dapat menikmati sajian kreativitas dan atraksi seni budaya. Rangkaian acara juga mencakup panggung hiburan di malam harinya.

Adapun rute yang akan dilalui oleh peserta dimulai dari halaman Kantor Balai Kota menuju Jl. MH. Thamrin. Kemudian peserta akan berputar di perempatan Sarinah dan berakhir di Silang Monas Barat Daya. Sedangkan parade kendaraan dan mobil hias dimulai dari Kantor Balai Kota menuju Jl.MH. Thamrin dan berakhir di Bundaran HI.

Jumlah peserta yang berpartisipasi adalah 3.151 orang, yang terdiri atas arak- arakan motor antik, sepeda, kelompok seni budaya, juga 25 unit mobil hias. (bisnis)

KOMENTAR