Salah satu sudut kota Sofia di Bulgaria (boho-weddings.com)
Salah satu sudut bangunan kota Sofia di Bulgaria (boho-weddings.com)

SITUS penyedia informasi perjalanan dan wisata terbesar di dunia TripAdvisor kembali merilis hasil TripIndex tahunan, yang berisikan perbandingan biaya perjalanan, biaya menginap dan pengeluaran lain, untuk kota-kota wisata utama di seluruh dunia.

Kota Sofia, Bulgaria, terpilih sebagai destinasi wisata dengan biaya paling terjangkau bagi wisatawan dengan total biaya US$153,21.

Selain itu, kota Hanoi, Vietnam, mengambil posisi di tempat kedua sebagai kota paling terjangkau bagi wisatawan dengan total biaya US$170,12.

Sementara untuk kota paling mahal, dengan total biaya hampir empat kali dari total biaya Sofia, di tempati oleh kota Oslo, Norwegia dengan total biaya US$561,26 dan diikuti oleh Zurich, Swiss, yang totalnya mencapai US$506,45.

“Asia merupakan benua dengan biaya wisata yang paling terjangkau, sementara Eropa adalah yang paling mahal. Namun, beberapa kota di Eropa, seperti Sofia, Warsawa dan Budapest justru menjadi yang paling terjangkau,” jelas Jean Ow-Yeong, juru bicara TripAdvisor.

Uniknya, biaya perjalanan dengan taksi di Zurich, Swiss, dinyatakan oleh TripAdvisor sama dengan harga menginap satu malam di sebuah hotel bintang empat yang ada di Hanoi, Vietnam.

Selain itu, biaya menginap satu malam di sebuah hotel bintang empat di kota Zurich, Swiss, dinyatakan hampir sama dengan harga menginap tiga malam di kota Warsawa, Polandia. (beritasatu.com)

KOMENTAR