ilustrasi

Internet membuat banyak pemuda pintar mendadak populer dan sangat kaya. Siapa saja yang berhasil mendapatkan posisi tertinggi. Data dari Complex mengumpulkan enam pemuda yang berhasil sebelum berumur 30 tahun meraih kebebasan finansial.

Aodhan Cullen (27) pemilik Statcounter
Sukses berkat menjalankan sebuah layanan web statistik yang sangat populer disebut Statcounter.com.

Situs ini didirikan Cullen ketika dia berumur 16 tahun. Jumlah kekayaannya sekarang diperkirakan perkiraan sekitar US$18 juta dollar. Dia banyak melakukan kegiatan amal dengan membuat website statistik untuk mencatat pengunjung. Saat ini diperkirakan memiliki 1.5 juta member.

Program bikinan Aodhan Cullen saat ini digunakan sekitar 2,3 juta lebih webmaster dan blogger untuk melacak lebih 10 miliar tampilan atau hits sebulan. Karena penggunaan yang meluas StatCounter, situs ini sedang melakukan pembenahan.

Matthew Charles Mullenweg (26) pendiri WordPress
Matt Mullenweg atau dikenal dengan Matt Mullenweg adalah pendiri sekaligus pengembang perangkat lunak WordPress. Matt menempuh pendidikan SMA di bidang seni Visual dan Pertunjukan.

Sejarah WordPress bermula saat Matt berusia 18 tajim (tahun 2002). Ketika itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog b2facelog. Pada januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blognya bahwa dia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu.

Walau Matt merupakan mahasiswa Drop Out (DO) dari kampusnya. Dia berhasil menjadi pengusaha muda yang kaya dan sukses. Pada tahun 2007, dia pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World. Dan pada pertengahan Januari 2009, Matt berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri sekaligus menjadi tamu utama dalam acara Wordcamp Indonesia 2009 – 1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiast.

Kekayaannya diperkirakan sekitar US$40 juta dollar Amerika.

Sean Belnick (23) pemilik BizChair.com
Sean adalah pengusaha sejati. Di usia 14 tahun dia mengurung diri dikamar dna tiga hari kemudian bisnis Sean dimulai. Sekarang dia telah memiliki penghasilan diatas US$50 juta dari hasil penjualan kursi secara Online.

Belnick pertama kali menjual bisnis furnitur dan menjadi miliuner tapi dia menganggap pendidikan masih penting dan membuatnya tetap menyelesaikan kuliah jurusan bisnis di Universitas Emory. Dengan situsnya tersebut, dia menjual berbagai furnitur kantor.

Pada sebuah artikel di Biz Journals, disebutkan bahwa investasi yang dahulu hanya sebesar $500 akhirnya bisa meledak menjadi keuntungan sebesar $24 juta pada 2006 lalu dan $40 juta pada 2005 lalu.

Bizchair.com adalah pengecer internet kursi kantor, perabot kantor, perabot sekolah, perabot rumah, dan perabotan medis.

Blake Ross (25) Pembuat web browser Mozilla
Aaron Blake Ross lahir di Miami, Florida pada 12 Juni 1985 adalah seorang anak muda pengembang perangkat lunak web browser Mozilla yang diluncurkan untuk umum pada November 2004. Saat itu usia Blake baru 19 tahun.

Secara khusus dia memulai proyek Mozilla Firefox dengan Dave Hyatt yang merupakan seorang pengembang perangkat lunak yang berasal dari Amerika juga yang menciptakan Firefox. Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt.

Web browser ini berkembang dengan cepat, Mozilla Firefox diterima para pengguna internet di dunia. Pasalnya, web browser ini lebih aman dan mudah dipakai bila dibandingkan para kompetitornya.

Blake menciptakan situs pertama pada usia 10 tahun. Dia memulai membuat program aplikasi komputer ketika masih di sekolah menengah. Kekayaannya saat ini diperkirakan sekitar US$150 juta.

Angelo Sotira (30) pendiri deviantART
Angeloa Sotira lahir pada 14 Februari 1981. Dia adalah pengusaha asal Amerika yang bersama-sama mendirikan komunitas online devianART pada 7 Agustus 2000 bersama Matthew Stevens dan Scott Jerkoff.

Angelo mendirikan devianART pada usia 19 tahun. Tapi ini bukan perusahaan pertamanya. Empat tahun sebelumnya, dia mulai file-file sharing situs musik disebut Dimensi Musik. Beberapa tahun kemudian menjualnya pada Michael Ovitz.

Angelo bekerja selama dua tahun di Ovitz´s Artist Management Group & Lynx Technology Group. Di sini dia membuat perangkat lunak agar perusahan-perusahaan tersebut bisa lebih strategis meningkatkan peluang lewat aplikasi komersial internet.

Saat ini kekayaannya diperkirakan sekitar US$75 juta.

Naveen Selvadurai (29) pendiri Foursquare.com
Naveen Selvadurai adalah pengusaha internet dan pendiri situs jaringan sosial berbasis lokasi yang disebut Foursquare.com. Dia lahir di Tamil Nadu, India.

Naveen lulus dengan gelar dari King´s College London di Inggris dan Worcester Polytechnic Institute di AS. Dia sempat bekerja dengan Lucent, Sony, Nokia dan Sun Microsystems sebelum akhirnya mulai bisnis social mobile dengan membuat Foursquare bersama dengan Dennis Crowley. Usaha patungannya memiliki nilai estimasi sebesar US$250 juta. Saat ini kekayaannya sekitar US$80 juta seperti dilansir therichest.org. [gresnews]