Jakarta | Inovasi dari perusahaan IT Google kini kembali merilis opsi baru untuk fasilitas layanan e-mailnya, apalagi kalau bukan pada Gmail (Google Mail).

Kali ini Google kembali membuat fasilitas baru di GMail dengan menamakannya ‘Smart Labels’ yang bisa melakukan penyortiran untuk pesan-pesan yang masuk dalam sebuah folder yang sesuai.

Smart Labels adalah salah satu hasil dari proyek Gmail Labs yang memisah-misahkan email masuk ke dalam tiga bagian, yakni Bulk, untuk file berukuran besar seperti newsletter dan promosi, Forums untuk group mailing list dan Notifications untuk email yang dikirim langsung ke Anda.

Seperti dikutip detikINET dari PC World, Kamis (10/3/2011), pengguna bisa mengganti filter email Gmail yang telah ada dengan Smart Labels atau menggunakan keduanya sekaligus. Untuk menambahkannya, cukup dengan mengaktifkan opsi Smart Labels di Gmail Labs dan save perubahan tersebut. Pengguna bisa mengedit pengaturannya pada tab ‘Filters’ di bawah ‘Settings’.

“Kami harap Smart Labels membantu Anda lebih mudah menelusuri inbox email,” terang Google dalam postingan blognya.

Ditambahkan Google, Smart Labels merupakan pelengkap Priority Inbox, sebuah fitur Gmail yang diperkenalkan Agustus yang berfungsi menandai email penting. (dtc/af)

KOMENTAR