Detroit — Mobil apa yang terjual paling banyak di 2012? Jawabannya dari Amerika. Mobil Ford Focus. Focus akhirnya muncul sebagai mobil terlaris sejagat mengalahkan Toyota Corolla.

Setidaknya itu klaim dari Ford. Sehari sebelum tahun 2012 berakhir, Ford berani menyebutkan kalau mobil Focus adalah mobil yang paling banyak terjual di 2012.

Secara keseluruhan, Ford Focus terjual 737.856 unit sampai Sempter 2013. Angka itu disusul oleh Fiesta sebanyak 560.061.

“Focus dan Fiesta mewakili yang terbaik dari rencana One Ford kami,” ujar EVP Ford Motor Company Jim Farley dalam siaran pers, Selasa (1/1).

“Dalam 3 tahun Ford telah melakukan transformasi line up mobil kecil global dan mulai memenangkan hati konsumen di seluruh dunia berkat mobil-mobil yang tidak hanya fun to drive tapi juga irit BBM,” ujarnya.

Sayang belum ada data perbandingan berapa angka penjualan Toyota Corolla hingga periode yang sama.

Hingga paruh kedua 2012, Focus memang terjual lebih banyak dari Corolla. Dilansir autoblog, Focus terjual sebanyak 489.616 unit, menang dari Corolla yang mencapai 462.817 unit.

Tetapi yang menjadi permasalahan adalah, Corolla memiliki nama-nama yang berbeda di seluruh dunia, tergantung jenis bodinya. Misalnya Toyota Matrix dan Auris, sementara Ford Focus hanya memiliki nama tunggal. (detik.com)

KOMENTAR