PLTD Apung Punge Blang Cut (Foto Aulia Fitri)
Kapal PLTD Apung Punge Blang Cut

Monumen Tsunami PLTD Apung (Foto Aulia Fitri)Pembangkit Listrik Tenaga Diesel atau yang dikenal dengan PLTD Apung ini terletak di Gampong Punge Blang Cut, Kota Banda Aceh.

PLTD Apung dari sisi samping barat (Foto Aulia Fitri)Alat seberat 2.600 ton dengan panjang 63 meter dan luas 1.600 meter persegi tersebut, terhempas ke darat dari lepas laut sejauh kurang lebih 5 kilometer dan kini telah menjadi salah satu saksi kejadian tsunami 26 Desember 2004 silam.

Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dipungut biaya, kita bebas mengitari lewat jembatan layang yang dibuat untuk melihat sekeliling PTLD, serta beberapa bekas rumah tsunami juga masih terlihat di area ini.

Taman Edukasi Tsunami di Punge Blang Cut (Foto M Iqbal)Tak jauh dari lokasi PLTD Apung, kita juga bisa menuju ke Taman Edukasi Tsunami, disini kita akan melihat foto-foto yang ditampilkan dalam sebuah ruangan saat kejadian gempa dan tsunami dulu, PLTD Apung merupakan salah satu destinasi wisata tsunami yang ada di Banda Aceh.

Selain itu masih banyak tempat-tempat lainnya yang mesti Anda kunjungi jika ke Kutaraja, seperti Museum Tsunami, Kapal Lampulo, serta tempat-tempat bersejarah yang tak lekang dari musibah gelombang tsunami yang kini masih menjadi saksi kejadian delapan tahun silam.[]

 

KOMENTAR