Banda Aceh — Harapan masyarakat Gampong Seutui menjadi pemenang lomba desa tingkat Nasional tinggal selangkah lagi. Setelah sebelumnya berhasil masuk nominasi 10 besar Desa (Gampong) terbaik tingkat Nasional, Jumat (13/7).

Tim Penilai dari Direktorat Jendral Pemberdayaan Masyarakat Desa pusat datang ke Gampong Seutui, kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh untuk melakukan klarifikasi penilaian. Lokasi klarifikasi di lakukan di Kantor Keucik Gampong Seutui.

Wakil Walikota Illiza Sa’aduddin Djamal SE,- di dampingi Sekdakota Banda Aceh Drs. T. Saifuddin T A M Si, Camat Baiturrahman, Keucik Seutui dan sejumlah Kepala SKPD serta ratusan masyarakat menyambut langsung kedatangan Tim penilai di Kantor Keuchik Gampong Seutui.

Ketua Tim penilai Dr. Elvin Ilyas Nainggolan M Sc dalam sambutannya mengucapkan selamat atas masuknya Gampong Seutui pada penilaian tahap kedua. Pada kesempatan tersebut dia menjelaskan tentang mekanisme penilaian untuk lomba desa tingkat nasional tersebut.

Dijelaskannya, ada empat tahap yang harus dilalui gampong Seutui dalam penilaian, diantaranya tahap administratif yang merupakan tahap untuk menilai pelaksanaan administrasi pemerintahan desa dan kelurahan, yang dipadukan dengan kemampuan Pemerintah Kota Banda Aceh, Desa Seutui dan Kecamatan Baiturrahman dalam menganalisa dan memberikan jawaban instrument penilaian lomba desa tingkat nasional tahun 2012.

“Saat ini Desa Seutui masuk dalam penilaian tahap kedua. Penilaian terfokus pada dimensi penyelenggara pemerintahan, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan, pembinaan kelembagaan masyarakat serta keunikan kearifan lokal yang dimiliki desa,” jelas Elvin.

Selanjutnya, kata Elvin, dari penilaian tahap pertama tersebut akan masuk Enam desa dan Enam kelurahan nominasi seluruh Indonesia yang akan melaju ketahap berikutnya. Tahap kedua adalah kondisi riil di lapangan, dimana tahap tersebut merupakan tahap inti dimana termasuk didalamnya adalah klarifikasi dari berkas yang sudah disampaikan.

“Dalam tahap ini tim akan melakukan survei langsung dan penyesuaian data dilapangan” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Illiza Sa’aduddin Djamal SE, mengaku sangat bangga atas masuknya Desa Seutui sebagai salah satu desa yang berkesempatan untuk meraih juara di tingkat nasional.

“Kami berharap kedatangan tim penilai lomba desa tingkat nasional di Banda Aceh mampu memberikan penilaian yang baik dan fair sehingga harapan untuk menjadi juara bisa terwujudmeskipun itu semua bukan tujuan akhir dari perlombaan ini” harapnya. (Mahdi Andela/Kabar Indonesia)

KOMENTAR