Banda Aceh — Gabungan Musisi Aceh (GMA) kembali akan menyelenggarakan acara yang bertajuk GMA Tribute: A Spirit of Seattle Sound. Event Sabtu (9/2) mendatang di Haba Café Banda Aceh.

Acara Seattle Sound yang merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut nama aliran/gerakan musik yang dimotori oleh band-band asal Seattle (negara bagian Washington, USA) di era awal 90-an tersebut akan dimeriahkan oleh musisi-musisi top Aceh.

Dalam rilisnya, Rabu (6/2) GMA menyebutkan acara Spirit dari Seattle Sound ini bisa menular ke musisi-musisi Aceh, yaitu dengan terus fokus berkarya dan berprestasi di level lokal, sambil menunggu kesempatan untuk naik ke level nasional.

Adapun musis-musisi yang akan tampil pada malam itu ada sebanyak 5 band, yakni 105 Jam, Deep Tan Oil, Mookie Blaylock, Krantz Aer dan Bloody Ground.

Selain penampilan musik, event ini juga akan memperkenalkan sebuah unit baru milik GMA yang bergerak di bidang recording yang diberi nama GMA Records, yang terinspirasi dari Sub-Pop Records, perusahaan rekaman yang memproduksi album-album band asal Seattle yang kemudian menjadi pionir Seattle Sound.

Selain mengapresiasi band-band asal Seattle tersebut, acara GMA Tribute ini diadakan agar menjadi inspirasi bagi musisi-musisi Aceh, mengingat banyak “kemiripan” antara Aceh dan Seattle, yaitu lokasi Seattle yang di “ujung” Amerika Serikat, dan Aceh yang di ujung Indonesia. Band-band asal Seattle terus fokus dan aktif berkarya di level lokal, sambil menunggu dilirik oleh label nasional.

“Selama ini banyak band asal Aceh yang punya karya kemudian hijrah ke Jakarta, sampai di sana “luntang lantung” selama beberapa masa namun tidak memperoleh keberuntungan. Akhirnya mereka kembali ke Aceh dan bandnya pun bubar,” tulisnya dalam rilis.

Info mengenai acara ini bisa didapatkan juga laman www.acehmusician.org dan akun twitter @GMAceh. Atau bisa menghubungi Ketua Panitia Abenk Ziqrul di nomor 08982041004.[]

KOMENTAR