Alena Wu (okezone.com)
Alena Wu (okezone.com)
Alena Wu (okezone.com)

PENYANYI cantik Alena Wu (30) mengaplikasikan hidup yang seimbang antara kesibukan berkarir untuk meraih materi dengan mendidik anak-anak kurang mampu.

Bekas personel Elfa’s Singers periode Juli-September 2001 ini membuat sebuah sekolah non formal yand diberi nama Alena Sahabat Anak (ASA). Sebuah sekolah yang mendidik anak-anak kurang mampu secara gratis di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Namun, jangan bayangkan sekolahnya dibangun dari tembok dan memiliki atap yang nyaman dari panas maupun hujan. Alena memanfaatkan ruang terbuka hijau. Biasanya mengambil tempat di bawah pohon rindah. Memang sih adem jika panas. Namun, jika hujan mereka langsung bubar jalan.

Hanya modal semangat dan mental baja, Alena mampu menjalani ini. Mungkin selebriti kebanyakan berpikir dua kali menjalani aksi sosial seperti wanita yang pernah ditunjuk sebagai Duta Baca pada Hari Buku Internasional 2008.

Ia kini sudah mendapat murid sebanyak 240 anak. Alena mengaku bahagia melihat semangat belajar anak didiknya walau tak punya ruang kelas seperti sekolah formal.

“Namanya juga di taman di bawah pohon rindang sekolahnya dari 240 anak didik aku. Bukan masalah gedung megah atau bonafit, tapi bahagia melihat semangat anak-anak itu sekolah,” ujar artis kelahiran Malang 9 November 1981 ini saat ditemui media, baru-baru ini.

Alena walau belum memiliki anak biologis, namun anak-anak yang dilahirkan dari ibu-ibu lainnya dianggap Alena sebagai titipan tuhan yang harus dirawat dengan baik.

“Mereka itu kan calon pemimpin kita juga. Kita ajarkan yang baik, nanti semoga jadi pemimpin yang baik. Blessing banget bisa sedikit berperan dalam hidup mereka,” jelas pemilik album Seindah Diriku ini.

Alena bercerita, ia pertama kali merasa terpanggil untuk membantu anak-anak yang kurang mampu dalam hal pendidikan di saat dirinya mengunjungi beberapa lokasi anak jalanan untuk menyumbangkan buku di awal 2009.

Akhirnya, di pertengahan tahun 2009, ASA terbentuk dengan dibantu 10 guru, dengan jumlah murid yang mencapai 100 orang anak kelas TK – SMP. Kelas berjalan seminggu dua kali pukul 14.00 – 16.30.

ASA akan memasuki usia 4 tahun di tahun 2013 dan mulai januari 2013, kelas diadakan tiap hari Selasa dan Sabtu. Bekas presenter KISS Indosiar ini merasa bersyukur karena mendapat banyak dukungan dari keluarga,sukarelawan,guru dan para RT RW Lurah daerah setempat. (okezone.com)

KOMENTAR