Banda Aceh – Hasil Ujian Nasional (UN) SMA/sederajat di Aceh yang diumumkan pada 26 April nanti disinyalir kembali anjlok. Meski tidak separah tahun lalu, ratusan siswa SMU sederajat Aceh diperkirakan gagal pada tahun ini.

“Dari nilai mungkin bisa dianggap lebih baik dari tahun lalu. Namun nilai ini masih belum sesuai dengan hasil diharapkan. Ratusan siswa di Aceh, terutama di wilayah barat-selatan banyak tidak lulus dan harus mengikuti ujian susulan,” ucap sumber wartawan di Dinas Pendidikan Aceh, Kamis (22/4/2010).

Sumber yang tidak mau ditulis namanya itu mengatakan, hasil UN untuk Aceh belum ada perubahan dari tahun-tahun sebelumnya. Namun demikian, hasil UN tahun ini masih lebih baik dari tahun lalu yang mencapai ribuan siswa tidak lulus.

“Masih anjlok dan dibawah harapan kita semua. Namun dari segi nilai lebih baik dari tahun lalu,” ulang dia.

Menyangkut hal ini, Ketua Panitia UN Aceh Drs As’ari MPd yang dihubungi wartawan mengaku  hasil UN SMA akan diumumkan sekitar tanggal 25 atau 26 April. Namun demikian, dirinya belum mengetahui tingkat kegagalan siswa pada tahun ini.

“Hasilnya masih dalam pengawasan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), di Jakarta. Mendiknas saat ini masih di Bali sehingga hasil tersebut belum dapat diambil. Namun kita harapkan hasil itu (UN SMA -red) lebih baik pada tahun ini,” harapnya.(*/ha/crd)

KOMENTAR