Banda Aceh, Seputar Aceh – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-raniry Banda Aceh kembali menggelar ujian masuk mahasiswa baru program khusus yang diberikan Departemen Agama (Depag). Meraka yang lulus akan dibiayai sepenuhnya oleh Depag.

Program studi yang dibuka adalah Khusus Kajian Keislaman. Program ini nantinya akan menjadi program studi khusus yang berada di bawah naungan Fakultas Ushuluddin, jurusan Perbandingan Agama. Sekitar 148 orang peserta mendaftar untuk program ini.

Sofyan Ibrahim, Pembantu Dekan I Fakultas Ushuluddin, yang juga sebagai ketua panitia, menuturkan ujian ini dilakukan di 22 tempat di seluruh Indonesia, dan ini yang pertama kalinya di IAIN Ar-Rraniry. Dari 148 peserta, disaring dan diterima 20 hingga 30 orang. “Mereka akan bersaing ketat untuk mendapatkan kesempatan ini,” kata dia.

Tes masuk hanya digelar hingga Senin (5/10). Ada tiga tahapan tes yang harus diikuti para calon mahasiawa, yakni tes psikologi, tes dan kemampuan dasar.

“Diperkirakan jika tidak ada halangan maka sepuluh hari setelah ini akan ditempel pengumuman kelulusan bagi mereka yang ikut tes dan pada awal November mereka akan mulai masuk kuliah seperti biasa,” Ujar Sofyan kepada wartawan.[sa-amz]

KOMENTAR