Idi, Seputar Aceh – Nurrahmi, yang sebelumnya bertugas pada Pengadilan Negeri Lhokseumawe, Senin (5/10) pagi, dilantik menjadi hakim baru di Pengadilan Idi, Aceh Timur. Ia dilantik oleh Ketua PN Idi, Salahuddin.

Tambahan tenaga hakim baru ini diharapkan dapat memperlancar tugas-tugas pelayanan masyarakat di bidang hukum.

Dalam sambutannya pada pelantikan tersebut, Salahuddin meminta hakim baru memerhatikan tugas-tugas ekstrayudisial yang harus dipelajari dan dilaksanakan, seperti program pengembangan teknologi informasi dalam rangka mewujudkan transparansi dan akuntabilitas publik.

“Selain tugas memeriksa dan mengadili perkara, hakim juga bertugas belajar, karena hakim adalah orang yang tahu hukum, pembuat hukum dan penemu hukum,” kata Salahuddin.

Kepada hakim baru yang dilantik, diharapkan menjadi aparat hukum professional, cepat bersosialisasi dan menyesuaikan diri baik di lingkungan kerja dan masyarakat umum.

Pada kesempatan itu, Pengadilan Negeri Idi juga memberhentikan Hakim Dikky Iskandar Syah dengan tidak hormat. Ini dilakukan karena hakim tersebut tidak pernah masuk kerja lebih setahun. “Ini kami lakukan untuk penengakan kedisiplinan, serta akan menjadi contoh untuk hakim-hakim lainnya,” tegasnya lagi. [sa-smi]

KOMENTAR