Banda Aceh, Seputar Aceh – Pascagempa di beberapa provinsi di Pulau Sumatera, hingga saat ini para pelanggan operator XL milik PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) masih dapat menikmati layanan telekomunikasi yang disediakan oleh operator tersebut.

Alhamdulillah, jaringan XL tetap aktif tidak banyak terpengaruh oleh gempa yang terjadi,” kata Agus Simorangkir, Vice President XL West Region dalam siaran pers yang  dikirim ke Redaksi Seputar Aceh, Kamis (1/10).

Bahkan disebutkan juga, jaringan XL tetap prima dan menjadi satu-satunya operator telekomunikasi yang melayani masyarakat di Padang. Hingga saat ini, kata Agus, tim XL masih terus mencari informasi mengenai dampak gempa sekaligus menyiapkan bantuan yang bisa disalurkan, khususnya di daerah Pariaman.

Menyangkut kondisi jaringan XL di sekitar daerah bencana terparah, terutama di Padang dan Bukit Tinggi, Agus menyatakan sebagian besar kondisinya aman dan dapat menopang layanan telekomunikasi. Khusus di Pariaman masih dalam proses identifikasi lebih lanjut.

Di Padang, Bukit Tinggi dan Pariaman, XL memiliki 126 BTS 2G dan 3G. Sedangkan di Sumatera Barat terdapat 258 BTS 2G dan 3G. Di seluruh Sumatera sekitar 3.600 BTS 2G dan 3G.

“Berdasarkan pengalaman saat terjadinya banjir di Jakarta, gempa di Yogyakarta, Bengkulu, Tasikmalaya dan kini Sumatera Barat, jaringan XL masih beroperasi dengan normal dan mampu melayani dalam kondisi tersulit sekalipun,” kata Agus. [sa-qm]

KOMENTAR