Kemenag AcehKANTOR Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh akan membangun kantor Forum Kerukunan Umat Beragama di Aceh Singkil pada 2013.

‘Pembangunan kantor tersebut merupakan salah satu upaya mendukung pembinaan FKUB di seluruh kawasan,’ kata Pgs Kepala Kanwil Kemenag Aceh Habib Badaruddin di Banda Aceh, Sabtu (22/6).

Dijelaskannya, FKUB memiliki peran penting sebagai forum dialog dan komunikasi antarumat beragama guna terciptanya kerukunan umat beragama sesuai dengan nilai-nilai agama masing-masing.

“Keberadaan FKUB yang ada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Aceh agar mampu menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan kewajiban sebagai forum dialog dan komunikasi antara umat beraga,” katanya.

Habib Badaruddin mengatakan Kanwil Kemenag Aceh terus berupaya agar setiap tahunnya membangun satu unit kantor sekretariat bersama FKUB di setiap kabupaten/kota di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

Disebutkannya, dalam pemberdayaan FKUB secara berkelanjutan pemerintah melalui Kementerian Agama juga mengalokasikan bantuan operasional Rp30 juta untuk FKUB tingkat provinsi dan Rp25 juta untuk FKUB kabupaten/kota.

“Kami berharap Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota dapat ikut mendukung pemberdayaan dan pembinaan FKUB di berbagai tingkatan,” katanya. (ant)

KOMENTAR