Damaskus — Sebuah organisasi kemanusiaan menyatakan lebih dari 1.200 orang tewas di seluruh Suriah semenjak pertempuran dimulai di ibukota Damaskus sepekan lalu.

Pasukan anti-pemerintah melancarkan serangan besar di Damaskus pekan lalu. Mereka menewaskan menteri pertahanan dan sejumlah pejabat tinggi pemerintah dalam sebuah serangan bom hari Rabu (18/07), dan mengambil alih sebagian pos pemeriksaan di dekat perbatasan Turki dan Irak.

Tentara Suriah mengerahkan tank-tank di Damaskus dan kota terbesar kedua Aleppo guna melancarkan serangan terfokus pada pasukan anti-pemerintah. Siaran TV pemerintah berulang kali melaporkan hari Sabtu (21/07), bahwa tentara Suriah berhasil menguasai basis kekuatan pasukan anti-pemerintah di Damaskus.

Sebuah organisasi kemanusiaan berbasis di Inggris menyatakan lebih dari 1.200 orang kebanyakan warga sipil tewas di pekan lalu, dan korban tewas terus meningkat. Media Turki melaporkan bahwa lebih banyak lagi perwira tinggi militer dan tentara yang berbalik menentang pemerintah serta melarikan diri ke Turki, sebagai indikasi bahwa Presiden Bashar al-Assad semakin kehilangan kendali. (NHK World)