Jakarta — PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk kembali berhasil menorehkan prestasi di tingkat dunia. Perusahaan riset dunia Roy Morgan baru saja menetapkan maskapai pelat merah itu sebagai maskapai internasional terbaik (The Best International Airlines) setahun terakhir.

Vice President Corporat Communcation PT Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan, penetapan Garuda Indonesia sebagai The Best International Airline di Australia tersebut didasarkan pada hasil riset yang dilakukan oleh Roy Morgan mulai bulan Agustus 2011 hingga Juli 2012.

“Roy Morgan telah melakukan riset terhadap 4.530 responden di seluruh dunia,” ujarnya kemarin.

Para responden itu, kata Pujo, diminta untuk memberikan penilaian terhadap produk dan layanan perusahaan-perusahaan penerbangan berkelas di dunia. Dan, Garuda Indonesia ternyata meraih nilai tinggi. “Yaitu, 90 persen, sejajar dengan Singapore Airlines dan melebihi perusahaan-perusahaan penerbangan dunia lain seperti Air New Zealand, Emirates, dan Thai Airways,” katanya.

Pujo menambahkan, berita gembira tersebut telah disampaikan oleh Roy Morgan pada hari Kamis (6/9) lalu. Roy Morgan merupakan sebuah lembaga riset internasional independen berkedudukan di Australia yang telah beroperasi selama 70 tahun.

“Ini salah satu pencapaian terbaik kami di tingkat dunia, sekarang Indonesia bisa bangga karena memiliki maskapai yang diakui dunia,” tuturnya.

Sebelumnya, bertempat di Farnborough Airshow, London, pada bulan Juli lalu Garuda Indonesia juga telah ditetapkan sebagai The World’s Best Regional Airline dan The Best Regional Airline in Asia oleh Skytrax – lembaga pemeringkat penerbangan independen yang berkedudukan di London. “Itu didasarkan pada customer satisfaction survey yang dilaksanakan secara global,” terangnya.

Survey itu dikabarkan melibatkan lebih dari 18 juta penumpang, yang terdiri dari 100 kewarnegaraan yang berbeda-beda. Survei dilaksanakan terhadap lebih dari 200 perusahaan penerbangan internasional terbesar hingga penerbangan tingkat domestik dan mengukur lebih dari 38 aspek produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan penerbangan. “Survei dari bulan Juli 2011 hingga Juni 2012,” lanjutnya.

Sejalan dengan program transformasi dan lompatan besar (Quantum Leap) yang saat ini terus dilaksanakan, Garuda Indonesia berhasil menjadi maskapai bintang empat pada 2010 lalu. Garuda juga terpilih sebagai The World’s Most Improved Airline oleh lembaga pemeringkat airline, Skytrax, yang berkedudukan di London. Tahun lalu, Garuda juga meraih penghargaan sebagai Airline Turn Around of The Year oleh Centre for Asia Pacific Airlines (CAPA). (jpnn)

KOMENTAR