Dukung Visit Aceh 2013Banda Aceh — Segenap elemen masyarakat diminta memberikan dukungan bagi terwujudnya program Tahun Kunjungan Wisata Aceh (TKWA) 2013.

“Kita semua memiliki kewajiban untuk mendukung program ‘Visit Aceh Year 2013’ sebagai salah satu upaya mendorong pertumbuhan ekonomi di provinsi ini,” kata Wakil Ketua DPRA Sulaiman Abda di Banda Aceh, Senin (10/12).

Pemerintah telah menetapkan 2013 adalah tahun kunjungan wisata Provinsi Aceh dengan tiga daerah utama menjadi daya tarik wisatawan yakni Kota Banda Aceh, Sabang dan Kabupaten Aceh Tengah.

“Kita berharap ‘Visit Aceh Year 2013’ bukan sekedar program tapi harus direalisasikan untuk menarik kunjungan wisatawan menyaksikan aneka ragam objek wisata di Aceh, dari budaya, adat istiadat, seni, peninggalan bencana tsunami sampai panorama alam,” kata Sulaiman Abda.

Karenanya, ia menjelaskan momen peringatan HUT ke-48 Partai Golkar itu menggalakkan olahraga sepeda yang sekaligus juga untuk mempromosikan keindahan pemandangan Kota Banda Aceh dan sebagian alam Aceh Besar.

Tapi, politisi Partai Golkar Aceh menambahkan sektor pariwisata provinsi berjuluk Serambi Mekah itu optimistis lebih maju kedepan jika situasi keamanan terus kondusif seperti saat ini.

“Karenanya, untuk kesuksesan tahun kunjungan wisata itu maka kita meminta dukungan seluruh elemen masyarakat khususnya di Aceh. Pemerintah juga perlu memberikan pandangan kepada masyarakat bahwa sektor pariwisata tidak dilihat dari kacamata negatif,” katanya menjelaskan.

Sebab, Sulaiman menjelaskan program memajukan sektor wisata di Aceh itu berbeda dengan daerah lain, karena khusus Aceh disesuaikan dengan syariat Islam yang telah berlaku kaffah (menyeluruh).

“Artinya, kemajukan sektor wisata di Aceh tidak memberi peluang kepada hal-hal yang bertentangan dengan agama Islam dan nilai atau norma-norma yang berlaku umum ditengah-tengah masyarakat Aceh,” katanya menambahkan. (ant)

KOMENTAR