google-jobsKEPALA bagian pencarian spam atau Head of Search Spam Google, Matt Cutts baru-baru ini merilis sebuah video yang menjawab pertanyaan selama ini, apakah Facebook dan Twitter memberikan kontribusi untuk algoritma ranking di Google? Jawabannya adalah tidak.

Matt mengatakan bahwa Google tidak memberikan perlakuan istimewa kepada halaman Facebook dan Twitter. Faktanya, saat ini Facebook dan Twitter diperlakukan sama dengan halaman-halaman lainnya.

Matt lalu menjawab, apabila Google bisa saja memberikan perlakukan istimewa untuk situs ini, seperti menghitung jumlah likes atau tweets pada halaman yang spesifik, tetapi Matt mengatakan Google tidak melakukan itu sekarang, kenapa? Sebenarnya mereka telah melakukannya dan mereka diblokir. kemungkinan hal ini terkait dengan kesepakatan Google’s Real Time Search Deal yang sudah berakhir dengan Twitter.

Matt menjelaskan bahwa mereka telah menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal ini kemudian mereka diblokir dan semua upaya dan pekerjaan tersebut tidak lagi berguna. Jadi, untuk Google jelas ini tidak ada gunanya.

Alasan lainnya, Google khawatir apabila bot Google melakukan crawling informasi identitas pada satu waktu kemudian informasi itu berubah, tetapi Google tidak tahu perubahannya. Memiliki informasi yang outdated bisa berbahaya bagi sebagian orang.

Akan tetapi, Matt menambahkan bahwa dia dapat melihat bahwa Google bisa mencari dan memahami informasi indentitas dengan lebih baik dalam jangka panjang.

Contohnya apabila ada seorang penulis yang memiliki “authority” di websitenya dan websitenya juga memiliki authority yang baik, pasti akan diranking dengan baik oleh Google.

Tetapi jika penulis ini memposting sebuah komen di forum atau Twitter, akan berguna untuk Google apabila Google mengetahui bahwa seorang yang memiliki authority bagus sedang memposting di situs yang spesifik, sehingga seharusnya postingan ini diranking dengan baik oleh Google.

Google memang tidak melakukan ini sekarang, tetapi mereka sedang dalam proses mengerjakannya. (*/searchengineland)

KOMENTAR