Langsa, Seputar Aceh -­ Hingga kini, miliaran rupiah dana pembangunan rumah kaum dhuafa di Kota Langsa belum dibayar kepada kontraktor. Padahal, proyek dengan dana bersumber APBD Provinsi Aceh tahun 2008 tersebut telah selesai 90 persen.

“Keseluruhan dana tersebut lebih kurang sekitar Rp10 miliar,” kata Khairil Toni, Pihak Pengawas Teknik Pekerjaan (PPTK) perumahan kaum dhuafa Kota Langsa, Senin (5/10). Ia mengaku tidak mengetahui penyebab belum cairnya dana tersebut.

”Saya berharap agar persoalan ini segera diselesaikan,” pinta Toni.

Pembangunan rumah dhuafa tersebut dibagi dalam tiga paket, pertama dibangun 106 rumah di kawasan relokasi warga Pusong di Desa Lhok Bani, Langsa Barat. “Sudah rampung 100 persen. Tapi, uang yang digunakan untuk pembangunan tersebut sekitar Rp6 miliar belum juga dibayar,” ujar Toni.

Pada paket kedua dibangun 20 rumah, lokasinya berada di beberapa desa dalam wilayah Kota Langsa. ”Ini pun dananya tak kunjung terealisasi,” kata Toni.

Untuk paket ketiga, yaitu pembangunan 39 rumah di sejumlah gampong dalam wilayah Kota Langsa, dananya baru terealisasi sebesar 20 persen. [sa-smi]

KOMENTAR