Redelong — Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini dan anggota DPR Komisi V Nova Iriansyah menghadiri perayaan Ulang Tahun ke-8 Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh di Lapangan Sengeda, Kabupaten Bener Meriah disambut meriah warga setempat, Minggu (13/1).

Salah satu penampilan seni dari tarian kolosal Didong yang dibawakan oleh 2.013 orang juga menjadi acara penyambutan tamu yang dalam waktu bersamaan juga dimeriahkan dengan acara final pacuan kuda yang diikuti oleh peserta dari seluruh Aceh.

Yang tidak ketinggalan dalam acara HUT tersebut sebagai bentuk promosi wisata di daerah bersejarah ini diselenggarakan pemecahan rekor MURI dalam acara “Minum Kopi Bersama” yang berhasil diikuti 50 ribu orang di lapangan Sengada.

“Ada satu kopi yang terkenal dari kabupaten ini, namanya kopi Berghendel, ini yang harus kita promosikan agar lebih terkenal di seluruh dunia,” kata Helmy seperti dikutip dari okezone.com.

Sementara itu Bupati Bener Meriah Ruslan Abdul Gani juga menambahkan, kopi Bener Meriah memang telah menyebar di seluruh dunia, bahkan kedai kopi dengan merek ngetop di Amerika juga menerima pasokan dari Bener Meriah.

“Ada satu lagi kopi Rede Long, yang diberi nama berdasarkan nama Ibu Kota Bener Meriah yang juga rasanya nikmat. Kopi ini tumbuh di lembah yang tiap pagi langsung terkena sinar matahari langsung, ini yang membuat produksi kopi jafi sangat bagus,” ujar Bupati yang menyatakan sebanyak 24.000 ton kopi dapat dihasilkan setiap tahunnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Helmy juga menyerahkan Bansos KPDT secara simbolis untuk masyarakat Bener Meriah.[]

KOMENTAR