MENYAMBUT Pemilu 2019, Narasi.tv mengenalkan digital social movement bernama #SuaraPenentu yang berlangsung dari bulan Februari hingga Pemilu dilaksanakan.

Mengingat anak muda akan menjadi penentu arah demokrasi Indonesia ke depan dalam Pemilu mendatang. Diperkirakan sebanyak 40% lebih pemilih berusia di bawah 40 tahun. Jumlah yang signifikan ini bisa memberikan kontribusi besar bagi bangsa ini.

#SuaraPenentu merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kekuatan di balik setiap suara yang disampaikan, baik dalam bentuk aspirasi/pendapat, unggahan di media sosial, tindakan maupun karya, khususnya suara yang datang dari anak muda Indonesia.

Gerakan #SuaraPenentu akan menghadirkan awareness yang berbeda tiap bulannya. Di bulan Februari, pada gelaran Narasi Roadshow diperkenalkan awarenessbernama ‘Kotak Suara’.

“Berangkat dari Kotak Suara yang digunakan untuk menampung Surat Suara Pemilu, Narasi menginisiasi gerakan ‘Kotak Suara’ sebuah social movement yang bertujuan menyebarkan awareness tentang kekuatan yang ada di balik sebuah unggahan di media sosial, yang juga berawal dari kolom atau ruang berbentuk kotak,” tutur Najwa Shihab, jurnalis & co-founder Narasi.TV.

Pengenalan ‘Kotak Suara’ dilaksanakan pada Narasi Roadshow Surabaya yang berlangsung dua hari, Kamis-Jumat, 31 Januari – 1 Februari 2019 di Universitas Airlangga. Berbagai kanal Narasi.tv turut hadir di Airlangga Convention Center, di antaranya Duo Budjang dan Catatan Najwa.

Narasi Roadshow adalah event rutin Narasi.tv yang sebelumnya sudah terselenggara di tujuh kota; yakni Universitas Pattimura Ambon, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Negeri Makassar, Alun-Alun Blambangan Kota Banyuwangi, dan juga Playfest di Tennis Indoor Senayan Jakarta.

Narasi Roadshow Surabaya juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi dan penampilan. Hari pertama, ada Creatalks bersama Duo Budjang, Stand Up Comedy Competition  Competition bersama Adjis Doaibu sebagai juri, dan special performance dari band Stars and Rabbits, Sementara hari kedua akan hadir Catatan Najwa:  Greget Wakil Rakyat.

Hari pencoblosan pesta akbar demokrasi untuk memilih anggota legislatif dari tingkat pusat di DPR sampai DPRD provinsi dan kabupaten/ kota tinggal dua bulan lagi. Dari pemilih yang mencapai 185 juta jiwa, terdapat pemilih muda yang mencapai kurang lebih 70 hingga 80 juta orang, atau sekitar 40 persen dari total jumlah pemilih. Para pemilih muda ini juga yang akan menjadi target rebutan para caleg dari 16 partai yang siap bertarung di ajang pemilihan anggota legislatif.[]

KOMENTAR