Suasana setelah nonton bareng di SMKN 2 Langsa (Ist)
Suasana setelah nonton bareng di SMKN 2 Langsa (Ist)
Suasana setelah nonton bareng di SMKN 2 Langsa (Ist)
Suasana setelah nonton bareng di SMKN 2 Langsa (Ist)

PROGRAM “Persemaian Nilai Budaya – Nonton Bareng Film Inspiratif (NBFI)” kali ini bertandang ke Kota Langsa, Provinsi Aceh, setelah tahun lalu diselenggarakan di Banda Aceh. Untuk Pulau Sumatera di tahun 2013 ini Kegiatan Nonton Bareng Film Inspiratif telah diselenggarakan di Kabupaten Batanghari-Jambi, Kabupaten Lampung Tengah dan Kabupaten Toba Samosir–Sumatera Utara.

Kegiatan Inspiratif yang memiliki tema “Film Berkarakter, Inspirasi Kita” ini diselenggarakan Senin (24/6) di SMKN 2 Langsa. Acara ini dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kebudayaan Drs. Shabri Aliaman dan turut dihadiri oleh anggota komisi X DPR H. Raihan Iskandar.

Program ini memang memiliki sasaran daerah-daerah yang belum memiliki sarana gedung bioskop (theater); sehingga dapat memberi kesempatan bagi pelajar, tenaga pendidik dan masyarakat setempat untuk menonton film berkualitas yang bernuansa pembangunan karakter bangsa sesuai dengan tujuan program yakni membangun karakter bangsa dengan film sebagai media internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui penciptaan tokoh-tokoh inspiratif dan jalan cerita yang terdapat dalam film.

Kemendikbud RI saat ini tengah giat menggalakan sosialisasi dan edukasi pengembangan nilai budaya dan pendidikan karakter bangsa yang dituangkan dalam 18 Nilai Karakter Bangsa.

Acara yang dibagi dalam tiga sesi yakni sesi untuk tenaga pendidik, siswa dan masyarakat umum ini dihadiri oleh 700 guru, 700 siswa sekolah dasar dan menengah pertama serta 600 masyarakat umum. Adapun film yang diputar di Kota Langsa adalah “Tanah Surga Katanya” untuk sesi guru, “Cita – citaku Setinggi Tanah ” untuk sesi siswa dan “Negeri 5 Menara” yang diperuntukkan bagi masyarakat umum.

Selain menonton film, acara juga dilengkapi dengan pengantar motivasi oleh praktisi pendidikan serta diskusi interaktif dengan narasumber yang berasal dari industri perfilman antara lain Aktor Senior Fuad Idris, Co Producer “Cita – citaku Setinggi Tanah” Nissa Fijriani dan Artis Cilik pemain “Cita – citaku Setinggi Tanah” Iqbal Zuhda Irsyad.

Setelah Kota Langsa, kegiatan NBFI 2013 ini akan berlanjut ke Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Pariaman untuk wilayah Pulau Sumatera. Kegiatan ini sendiri akan diselenggarakan di 30 kota di seluruh Indonesia untuk tahun 2013, dimana sekarang ini Kegiatan Nonton Bareng Film Inspiratif telah memasuki tahun ketiganya. (rilis)

KOMENTAR