Kerangka gajah yang diprediksi berumur 10 ribu tahun TIM Balai Arkeologi Medan menemukan kerangka diduga milik gajah yang diperkirakan berusia 10 ribu tahun di komplek situs kepurbakalaan Loyang Mendale, Kabupaten Aceh Tengah.

“Tim peneliti telah menemukan sisa kerangka hewan vertebrata yang diduga jenis gajah berusia sekitar 10 ribu tahun,” kata Kabag Humas dan Protokol Sekdakab Aceh Tengah, Mustafa Kamal di Takengon, Senin (24/6).

Tim penemu dari Balai Arkeologi Medan yang telah melakukan penggalian di komplek kepurbakalaan Loyang Mendale Aceh Tengah.

Mengutip pernyataan Ketua Tim peneliti Ketut Wiradnyana mengatakan temuan itu berada pada satu lubang penggalian dan juga menemukan kerangka manusia prasejarah yang memiliki usia 7.525 tahun. Temuan kerangka hewan itu masih akan diteliti lebih lanjut, karena pihaknya harus fokus pada target penelitian tentang kerangka manusia prasejarah.

Anggaran untuk melakukan penelitian itu juga masih terbatas, sehingga harus diteliti yang telah menjadi fokus tim.

“Artinya kami menunda dulu untuk penelitian tulang hewan yang diduga mirip gajah itu. Kalau ke depan sudah ada anggaran kami akan teliti,” katanya menjelaskan.

Karena, Ketut mengatakan temuan itu juga diperlukan untuk mengetahui kaitannya dengan peradaban prasejarah yang telah diteliti.

Aceh Tengah merupakan salah satu kabupaten di pedalaman Aceh dengan potensi andalannya adalah sektor perkebunan terutama komoditas kopi arabika. (ant)