Banda Aceh – Dalam rangka menghadapi lonjatan permintaan daging saat meugang, Pemerintah Aceh saat ini telah menyiapkan 17.368 ternak sapi dan kerbau yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

“Kebutuhan untuk meugang kali ini hanya 8000 ternak sapi. Jadi, dengan stok ternak yang ada sekarang, sudah lebih dari cukup,” kata drh Rizalsyah, Kasi Kesehatan Masyarakat Veterinem pada Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Aceh, Sabtu (7/8/2010).

Untuk itu, sebut dia, masyarakat tidak perlu khawatir tidak mendapatkan daging pada hari meugang puasa yang diperkirakan jatuh pada 9-10 Agustus 2010, karena terdapat sangat banyak persediaan ternak besar dan kecil siap potong di seluruh Aceh.

Selain ternak sapi dan kerbau, lanjut Rizalsyah, pemerintah juga menyiapkan 13.938 ekor kambing, serta 635.210 ayam dan bebek.

Sementara itu, Ketua Pasar Daging Peunayong Banda Aceh, Muchtar Hasan menybutkan, harga daging sapi pada meugang pertama dan kedua diprediksikan mencapai Rp120 ribu per kilogram.

“Saya prediksi akan mencapai harga itu, karena tiga hari menjelang meugang harga daging sapi yang dijual pedagang di Pasar Peunayong sudah bergerak naik sebesar Rp90 ribu per kilogram,” ujarnya.

Ia mengatakan, menghadapi meugang puasa tahun ini, para pedagang daging akan memotong sebanyak 25 ekor sapi. “Untuk pasar Peunayong sudah cukup memenuhi permintaan, sebab saat meugang banyak penjual daging yang tersebar dibeberapa titik di Banda Aceh, seperti Ulee Kareng, Beurawe, pasar Pagi Setui, dan pasar Keutapang,” sebutnya.(*/ha/bay)

KOMENTAR