istimewa

Lhokseumawe – Sebanyak 5.169 pelajar dari 17.326 total keseluruhan pelajar yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat di Kabupaten Aceh Utara dinyatakan gagal lulus pada try out (uji coba) Ujian Nasional (UN).

“Sebagian besar problem yang dihadapi oleh pelajar tersebut adalah dalam hal pengisian identitas, seperti pembulatan di lembar jawaban, nama, nomor ujian, tanggal lahir, dan mata pelajaran yang diuji,” kata Kepala Seksi Kurikulum dan Tenaga Teknis Dinas Pendidikan Aceh Utara, Abdul Jaban kepada Harian Aceh, Jumat (5/3).

“Kesalahannya terletak pada saat pembulatan yang kurang ditekan,” lanjutnya. Atas dasar itu, ujar dia, pihaknya telah menginstruksikan masing-masing lembaga pendidikan untuk melaksanakan try out ulang. Apalagi, sebut dia, berdasarkan data tahun 2009 lalu, 10 persen peserta UN asal Aceh Utara mengalami problem pada pengisian lembaran jawaban, sesuai hasil konfirmasi dari pihak Universitas Syiah Kuala sebagai pihak yang ditunjuk memeriksa lembar jawaban UN.

Dia menyebutkan, mata pelajaran yang di uji dalam try out itu meliputi: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, Kimia, Biologi, Fisika, Sosiologi, Ekonomi, dan Geugrafi.

“UN yang akan dilaksanakn nanti berlangsungnya pada tanggal 29 Maret sampai 1 April untuk SMP/MTs dan untuk SMA dilaksanakan pada tanggal 22-26 Maret, serta SMK 29 Maret sampai 1 April 2009,” pungkasnya.win

KOMENTAR