Jakarta — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekref) menargetkan dapat mendatangkan 9 juta wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia, menyusul adanya tren kenaikan kunjungan turis asing sepanjang tahun ini.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwanda mengatakan saat ini turis asing yang datang ke Indonesia telah mencapai 7,6 juta orang. Sementara itu, target jumlah wisman pada tahun ini sebanyak 8 juta orang.

“[Target wisman ke Indonesia] Selama 2013 [sebanyak] 9 juta orang,” kata Sapta menjawab pertanyaan wartawan seusai berhalal bihalal dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Minggu (19/08).

Pada tahun depan, ujarnya, pemerintah akan menggenjot kedatangan turis asing ke 10 daerah, antara lain Aceh, Bangka Belitung , Palembang, Riau, Batam, dan Kepulauan Bintan.

Diperkirakan turis asing asal Asia akan banyak tertarik dengan 10 daerah tersebut, termasuk turis asal Timur Tengah yang suka berwisata ke Aceh.

“[Pada tahun ini] Sepertinya lebih [dari target] mengingat dari target sebanyak 8 juta [wisman] pada 2012, yang sudah datang berkunjung mencapai 7,6 juta orang,” kata Sapta. (bisnis.com)

KOMENTAR