BANYAK anak usia 9 sampai 11 tahun yang berperilaku mengundang risiko ketika mereka berselancar di dunia maya, kata sebuah survei yang dipublikasi oleh ISC2 IT, sebuah kelompok pendidikan keamanan informasi di Inggris.

Menurut mereka, kegiatan anak-anak dalam dunia online kerap dalam berbagi informasi pribadi dan bermain game untuk anak-anak yang jauh lebih tua.

Selain itu, 18% dari 1.162 anak yang ditanya mengatakan mereka telah mengatur pertemuan langsung dengan teman (kopi darat) yang mereka temui di internet.

Sementara itu, survei kedua menunjukkan 55% anak muda di Inggris menganggap cyberbullying adalah bagian dari kehidupan sehari-hari.

Para ahli keamanan internet telah mendesak orang tua untuk membantu anak-anak mereka agar tetap aman dengan lebih melibatkan diri dalam kegiatan online anak mereka.

“Anak sekolah dasar lebih banyak tahu tentang internet daripada orangtua mereka,” kata Tim Wilson, seorang pekerja keamanan sektor informatika yang melakukan survei untuk organisasi ISC2 dan membantu sekolah mendidik anak-anak tentang keamanan berinternet.

“Anak-anak banyak melakukan tindakan yang berisiko yang saya tidak percaya bahwa orang tua mereka tahu,” katanya.

Wilson juga menyebutkan banyak orang tua tidak mengerti teknologi terkait apa yang digunakan oleh anak-anak mereka.

Sebagian anak mengaku konsentrasi di sekolah terganggu karena kurang tidur.

Survei ini mengungkapkan jumlah waktu yang yang dihabiskan remaja untuk kegiatan berinternet, dimana 43% online setiap hari dan 46% menghabiskan lebih dari dua jam setiap kali mereka berselancar di dunia maya.

Sebagian (22%) secara teratur menggunakan internet setelah pukul 21:00 dan 7% dari mereka masih online setelah tengah malam.

Beberapa anak yang disurvei melaporkan konsentrasi mereka di kelas terpecah akibat dari kegiatan larut malam ini.

Aktivitas online yang paling sering mereka lakukan adalah bermain game (23%), menggunakan jaringan sosial (18%) dan menonton video (17%).

Dari 19% yang mengatakan bermain game online perang, sejumlah besar mengatakan mereka bermain game yang pantas untuk usia 18 tahun seperti Black Ops dan Modern Warfare.

“Waktu anak-anak dihabiskan online dan kegiatan ini menempatkan mereka dalam risiko,” kata Wilson. (AP/bbc)

KOMENTAR