Satu kecupan di wajah Anda dari orang terkasih, terbukti dapat meningkatkan suasana hati. Kecupan dapat melepaskan hormon oxytocin yang memiliki efek menenangkan dan mengurangi tingkat stress akibat hormon kortisol.

London — Ngemil coklat atau kongkow bersama teman-teman merupakan cara gampang bagi kaum perempuan untuk membuat hati ceria. Tapi, tiga strategi baru berikut ini patut dicoba karena para peneliti bilang feknya mantap.

Pakaian yang menurut Anda nyaman untuk dikenakan, ternyata belum tentu dapat meningkatkan suasana hati. Jadi, cobalah untuk mengenakan pakaian yang membuat Anda tampak lebih menarik. Demikian saran dari profesor bidang psikologi pengembangan, Karen J. Pine, PhD, dari University of Hertfordshire, Inggris Raya.

“Bila kita mengenakan pakaian yang menggambarkan pribadi yang pintar, positif dan menarik, otomatis kita akan berperilaku serupa dan ini mampu meningkatkan suasana hati,” ujar Pine sebagaimana dilansir dari Health.com, beberapa hari lalu.

Cara lain untuk meningkatkan suasana hati adalah dengan menonton film bertema kesedihan. Cara ini memang memberi kesan kontradiktif, namun derai air mata yang Anda keluarkan saat menyaksikan film tersebut, dapat membuat Anda lebih menghargai berbagai hal baik dalam hidup. Demikian papar profesor dari Ohio State University’s School of Communication, Silvia Knobloch-Westerwick, PhD.

Satu kecupan di wajah Anda dari orang terkasih, terbukti dapat meningkatkan suasana hati. Kecupan dapat melepaskan hormon oxytocin yang memiliki efek menenangkan dan mengurangi tingkat stress akibat hormon kortisol, ujar penulis buku Why We Love: The Nature and Chemistry of Romantic Love. (pelitaonline.com)

KOMENTAR