Banda Aceh – Ketinggian gelombang laut di Perairan Aceh yang mencapai 0.75-1.5 meter masih aman untuk dilayari kapal atau perahu nelayan.

“Ketinggian ini aman untuk dilayari nelayan atau kapal karena masih di bawah dua meter,” kata Kepala Observasi dan Informasi Stasiun Badan Metereologi Blang Bintang Alvianto,  kemarin.

Menurut dia, tinggi gelombang di perairan bagian utara dan timur Aceh mencapai 0 – 0.75 M. Sedangkan tinggi gelombang di bagian barat dan selatan di Aceh mencapai 0.75 – 1.5 M.

Mengenai kondisi cuaca, lanjut dia lagi, umumnya beberapa kota di Aceh masih berawan hingga beberapa hari ke depan. Sedangkan empat kabupaten/kota di Aceh, yakni Kota Banda Aceh, Kota Lhokseumawe, Meulaboh dan Kota Sabang berpeluang hujan.

“Ke empat kabupaten/kota masih berpotensi terjadi hujan lokal,” jelasnya.

Tambahnya lagi, suhu udara di empat kabupaten yang berpeluang terjadinya hujan rata-rata maksimal mencapai 32 derajat celcius dan minimal 22 derajat celcius dengan kelembaban maksimal 96 persen dan minimal 60 persen. Diperkirakan juga, angin ketinggian permukaan sampai 3.000 kaki yang umumnya bervariasi dengan kecepatan 06-28 kilometer/jam.

“Keadaan seperti ini biasanya cuma berpengaruh pada daya tahan tubuh manusia. Jika daya tahan tubuh rendah, yang bersangkutan akan mudah terserang  penyakit,” jelasnya.(*/ha/crd)

KOMENTAR