Jakarta — Jupiter akan mengalami oposisi pada Senin (3/11). Planet terbesar di Tata Surya ini akan berada di “seberang” Matahari dilihat dari Bumi. Alias, Bumi akan berada di antara Jupiter dan Matahari.

“Saat itu, Jupiter akan terbit tepat pada saat Matahari tenggelam,” kata Muhammad Rayhan, pembina Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ).

Oposisi Jupiter bukanlah fenomena langka, terjadi setiap tahun. Tepat atau berdekatan dengan saat oposisi terjadi, Jupiter akan berada di titik terdekat dengan Bumi.

Tahun ini, Jupiter berada di posisi terdekat dari Bumi pada Sabtu (1/12) sekitar pukul 23.00 WIB. Saat itu, Jupiter berada pada jarak 608.116.379,904 km dari Bumi.

Jarak terdekat Jupiter kali ini hanya merupakan yang terdekat di tahun ini, bukan yang terdekat sepanjang masa. Sebelumnya, Jupiter mencapai jarak terdekat pada 20 september 2010.

Rayhan mengungkapkan, perbedaan jarak terdekat pada saat oposisi terjadi karena orbit Bumi yang berbentuk elips.

Meskipun dari sisi kedekatahn tak terlalu istimewa, masyarakat tetap dapat menyaksikan Jupiter lebih indah dan lebih besar.

“Jika dengan pengamatan telanjang, memang tidak akan kelihatan. Tapi kalau dengan astrofotografi, kita bandingkan Jupiter malam ini dan beberapa bulan lalu, akan kelihatan perbedaan ukurannya,” jelas Rayhan.

Jupiter malam ini akan tampak dengan magnitud sekitar -2,8. Jupiter akan menjadi 4 benda langit paling terang malam ini selain benda langit lain seperti Bulan dan Venus.

Sementara itu N. Sri Raghunandan Kumar dari Planetary Society of India, mengatakan planet Jupiter akan disinari oleh Matahari dan bakal terlihat seperti bentuk oval. Posisi ini terjadi tiap 13 bulan sekali.

“Planet raksasa tersebut bisa dilihat dengan mata telanjang satu jam sesudah matahari terbenam di arah timur. Dapat juga dilihat sepanjang malam dan pada tengah malam di arah selatan,” ujar Kumar, seperti dikutp laman The Hindu.

Posisi Jupiter ini sebelumnya terjadi pada tanggal 29 Oktober 2011 dan akan terjadi pada 6 Januari 2014. (kompas.com/inilah.com)

KOMENTAR