Washington — Peringatan tsunami untuk Hawaii telah diturunkan jadi nasehat pada Minggu (28/10). Demikian pernyataan Pacific Tsunami Warning Center (PTWC).

Perintah pengungsian pun dicabut untuk daerah pantai, kata seorang pejabat pertahanan sipil Hawaii.

Sedikitnya 100.000 orang di Hawaii diperintahkan untuk pindah dari daerah pantai ke tempat yang lebih tinggi, Sabtu larut malam (27/10), setelah peringatan tsunami dikeluarkan, demikian laporan Reuters. Namun gelombang pertama tidak sekuat yang dikhawatirkan dan tak ada laporan awal mengenai kerusakan.

Tsunami tersebut dipicu oleh gempa kuat yang mengguncang pantai Pasifik Kanada tak lama setelah pukul 22.30 waktu Hawaii, kata Pacific Tsunami Warning Center. Pengemudi kendaraan memenuhi jalan dalam pengungsian massal dari daerah dataran rendah.

“Tsunami tiba sekitar waktu perkiraan kami. Saya memperkirakan tsunami agak lebih besar,” kata ahli Geofisika Senio Gerard Fryer kepada wartawan dalam satu taklimat.

Ketinggian gelombang pertama mulanya diperkirakan tiga kaki, tapi pusat peringatan itu kemudian melaporkan tsunami awal mencapai ketinggian 2,5 kaki di Pulau Maui.

Tak ada laporan mengenai kerusakan atau banjir serius, tapi para pejabat tetap memperingatkan gelombang tambahan masih mungkin datang dan ketinggiannya bisa mencapai enam kaki di beberapa daerah.

Setelah gelombang pertama, Walikota Honolulu Peter Carlisle mengatakan tidak jelas apakah yang terburuk telah berlalu. (pikiran-rakyat.com)

KOMENTAR