Banda Aceh — Banda Aceh. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Banda Aceh, Reza Fahlevi, mengatakan, sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang mampu mewujubkan kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat sebuah daerah.

“Memajukan pariwisata salah satu program kita untuk mewujudkan kemakmuran bagi warga kota. Sektor wisata maju, pertumuhan ekonomi masyarakat juga akan ikut tumbuh berkembang,” jelas Reza kepada wartawan di Banda Aceh, Senin (18/6).

Reza menyatakan, sektor pariwisata di Banda Aceh berperan aktif mendongkrak pertumbuhan pendapatan daerah. Buktinya, pada tahun 2011 sektor tersebut mampu menyumbang hingga 30% pendapatan asli daerah (PAD) bagi ibukota Propinsi Aceh.

Dia optimis pendapatan dari sektor pariwisata bakal terus meningkat seiring makin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh. “Karena dengan kehadiran wisatawan, pusat-pusat perbelanjaan makin ramai, begitu juga restoran-restoran serta tempat-tempat kuliner lainnya makin bergairah, ini memberi kontribusi bagi daerah maupun masyarakat,” paparnya.

Diharapkan, masyarakat luar tidak sekedar mendengar tentang Kota Banda Aceh, tetapi hendaknya mereka bisa datang dan menyaksiskan langsung kondisi Banda Aceh dan khasanah pariwisata yang ada. “Sehingga, berbagai keindahan objek wisata di Banda Aceh bukan hanya sekadar cerita,” imbuhnya.

Dilanjutkan, meski tahun kunjungan wisata BandaAceh telah dilakukan tahun lalu, tapi pemerintah kota melalui Disbudpar tetap memprioritaskan pembangunan sektor wisata di tahun ini. (Dedi Irawan/Medan Bisnis)

KOMENTAR