MOBIL kuno model Mercedes Benz milik diktator Nazi, Adolf Hitler, kini berada di tangan seorang miliarder Rusia. Taipan yang dirahasiakan namanya itu rela merogoh kocek hingga US$15 juta (sekitar Rp141 miliar) demi mendapatkan mobil biru tua Mercedes Benz model 770 K yang pernah ditunggangi Hitler.

Penyalur mobil bekas di Duesseldorf, Jerman, bernama Michael Froehlich, mengisahkan bahwa seorang perantara untuk miliuner Rusia itu datang ke kantornya dan meminta Froehlich melacak mobil 770 K Mercedes Benz milik Hitler.

“Saya kaget dan merasa tercabik-cabik,” kata Froehlich kepada surat kabar Jerman, Cologne Express. Bagaimanapun, itu adalah mobil seorang pembunuh massal yang sangat mengerikan,” kata Froehlich. Namun, dia tetap berusaha melacak keberadaan mobil itu.

Setelah mencari beberapa pekan, Froehlich mengetahui kalau Mercedes asli milik Hitler pernah berada di Austria pada akhir Perang Dunia II. Mobil itu lalu ditempatkan di museum mobil klasik di Las Vegas, Amerika Serikat.

Mobil klasik itu akhirnya jatuh ke tangan seorang pengusaha minuman bir asal Bavaria, Jerman. Setelah pengusaha terkemuka itu meninggal pada 2008, istrinya memutuskan untuk menjual mobil Hitler.

“Rabu pekan lalu saya menerima kabar kalau mobil yang diinginkan taipan Rusia itu berada di Jerman. Saya pastikan dulu ke aparat hukum apakah kesepakatan semacam ini ilegal atau tidak. Mereka tidak keberatan, asalkan tidak ada simbol Nazi terlihat,” sebut Froehlich.

Dia mencocokkan plat nomor 1A 148461 dengan foto saat Hitler berada di mobil tersebut, yang diperoleh Froehlich dari berbagai dokumen dan catatan mengenai Hitler.

Akhirnya, pembeli dari Rusia tiba di Jerman menggunakan jet pribadi untuk menyelesaikan kesepakatan dan membeli mobil Hitler dari pemilik sebelumnya dengan harga berkisar US$6 juta hingga US$15 juta.

Mobil Hitler kini memiliki tempat tinggal baru di Moskow, kota yang tidak pernah bisa dikunjungi Hitler meski pasukan Nazi berusaha mendudukinya. [sa-ap-vnc]

KOMENTAR