Taipei – Gempa berkekuatan 6,4 skala Richter (SR) mengguncang Taiwan bagian selatan pada Kamis (4/3) pagi menyebabkan bangunan bergoyang hingga ratusan mil (kilometer) ke utara. Laporan berita lokal mengatakan sedikitnya satu orang terluka.

Gempa berpusat di daerah Kaohsiung pada kedalaman sekitar 3,1 mil (5 kilometer). Kaohsiung sekitar 249 mil (400 kilometer) selatan Ibu Kota Taipei. Penduduk di Taipei bisa merasakan bangunan bergetar. Gempa menyebabkan listrik padam.

Layanan ereta api berkecepatan tinggi di negeri itu dihentikan, menurut laporan stasiun berita kabel Taiwan. Tidak ada peringatan tsunami dikeluarkan. Seorang pejabat Kaohsiung mengatakan kepada stasiun berita CTI beberapa perumahan penampungan sementara yang didirikan saat badai topan yang menghancurkan musim panas lalu juga roboh akibat gempa.

Gempa bumi sering mengguncang taiwan tetapi kebanyakan bersifat ringan dan sedikit atau tidak menyebabkan kerusakan. Namun, gempa bumi berkekuatan 7,6 di pusat Taiwan pada 1999 menewaskan lebih dari 2.300 orang. Pada 2006, sebuah gempa berkekuatan 6,7 di selatan Kaohsiung telah memutus kabel bawah laut dan mengganggu layanan telepon dan internet kepada jutaan orang di seluruh Asia. (midotkom)

KOMENTAR