MacBook Pro sedang dipanggang

MacBook Pro sedang dipanggangKERUSAKAN yang bisa menimpa komputer atau laptop ada bermacam-macam, begitu pula cara untuk memperbaikinya. Namun, cara memperbaiki laptop yang dilakukan oleh Ales Kocjancic ini sungguh gila.

Kocjancic yang merupakan pendiri platform optimisasi real-time Live Systems merasa frustrasi karena laptop Apple MacBook Pro miliknya rusak. Komputer itu suatu hari menolak booting dan berulang kali berhenti pada layar abu-abu yang menampilkan logo Apple.

Setelah menelusuri berbagai forum dan mencoba aneka cara perbaikan, MacBook milik Kocjancic tak kunjung bisa digunakan untuk bekerja. Karena frustasi, maka dia melakukan sesuatu yang ekstrem, yaitu membongkar logic board (motherboard) MacBook Pro tersebut dan memasaknya dalam oven.

Kocjancic mengaku sebelumnya pernah memanggang kartu grafis nVidia GeForce yang rusak dalam oven dan berhasil memperbaikinya. Dia merasa cara yang sama akan kembali berhasil pada MacBook ini.

Kocjancic membungkus motherboard laptopnya itu dalam aluminium foil, lalu memanggangnya dalam oven bersuhu 170 derajat celsius, selama 7 menit. Gilanya lagi, Kocjancic rupanya lebih suka menempuh cara ekstrem ini daripada membawa komputer ke pusat servis Apple.

Seusai dipanggang, logic board MacBook Pro dikeluarkan dari oven dan didiamkan agar dingin sebelum dipasang kembali ke dalam casingnya. Ajaib! Sistem operasi di MacBook Kocjancic kembali terhubung setelah dimasak.

Apa penjelasan logis di balik kejadian ini? Bisa jadi bahwa kerusakan MacBook Kocjancic kemungkinan disebabkan oleh koneksi solder di logic board yang terputus. Nah, dengan dipanaskan dalam oven, sambungan solder tadi mencair lalu tersambung kembali setelah didinginkan. Untung saja tak ada komponen lain yang malah terbakar. (Business Insider/ales.io)

KOMENTAR