Banda Aceh – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh akan menerima 5.071 mahasiswa baru pada tahun akademik 2012 melalui berbagai jalur masuk perguruan tinggi tersebut.

“Unsyiah memberikan kesempatan luas kepada lulusan SMA sederajat di Aceh untuk meraih kesempatan kuliah di perguruan tinggi ‘jantong hatee’ masyarakat provinsi ini,” kata Pembantu Rektor I Unsyiah Samsul Rizal di Banda Aceh, Kamis.

Hal itu disampaikan terkait dibukanya masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun akademik 2012 yang dimulai sejak 1 Februari tahun itu melalui jalur undangan.

Lebih lima ribu calon mahasiswa baru yang akan diterima Unsyiah itu masing-masing sebanyak 1.188 orang melalui jalur undangan, 2.093 orang ujian tulis, 708 orang ujian masuk bersama (UMB), 750 orang melalui jalur undangan lokal dan sisanya jalur mandiri.

Dijelaskannya, pendaftaran calon mahasiswa melalui jalur undangan masuk universitas itu pendaftarannya dari 1 Februari sampai 8 Maret 2012, pukul 22.00 WIB.

Siswa yang telah direkomendasikan kepala sekolah ke portal SNMPTN melalui http://undangan.snmptn.ac.id akan mendapatkan nomor pendaftaran dan selanjutnya membayar melalui Bank Mandiri atau kantor pos dengan biaya Rp175.000/peserta.

Dijelaskannya, calon mahasiswa yang diterima melalui jalur undangan secara nasional tersebut akan diumumkan pada 25 Mei 2012, pukul 18.00 WIB setelah diumumkannya ujian nasional.

“Artinya, siswa yang tidak lulus ujian nasional tidak akan lolos sebagai calon mahasiswa baru yang diterima di PTN. Hasil UN merupakan salah satu pertimbangan selain nilai rapor,” katanya.

Kuota jalur undangan sebanyak 1.188 orang itu akan diisi oleh putra-putri Aceh, tapi juga dapat diambil oleh calon mahasiswa lainnya yang ada di seluruh Tanah Air, katanya. Samsul menambahkan, pihaknya terus berupaya menambah berbagai program studi dan meningkatkan kapasitas tenaga pelajar di universitas negeri itu guna menampung putra-putri Aceh yang ingin kuliah di perguruan tinggi tersebut.(rol/ant)

KOMENTAR