ADANYA kematian anak secara keseluruhan turun 50% dalam 20 tahun terakhir, usia ibu muda ditemukan menjadi faktor risiko kematian pada anak usia dini.

Dukungan harus diperluas ke ibu dari segala usia, bukan hanya pertama kali ibu remaja, demikian seperti yang dilaporkan dalam sebuah laporan penelitian yang dipimpin oleh Institut Kesehatan Anak di UCL .

Itu tampak mengapa anak-anak meninggal di Inggris menggunakan data registrasi kematian dari Januari 1980 sampai Desember 2010.

Hal ini difokuskan pada cedera anak , berat lahir dan usia ibu untuk menilai faktor risiko kematian anak .

Penelitian ini menemukan bahwa di Inggris, Skotlandia dan Wales, perbedaan angka kematian antara anak dari ibu di bawah 30 dan orang-orang yang lahir dari ibu berusia 30 hingga 34 menyumbang 11 % dari semua kematian hingga usia sembilan tahun .

Hal ini setara dengan rata-rata 397 kematian di Inggris setiap tahun, kata laporan itu.

“Usia ibu muda saat lahir menjadi penanda kerugian sosial sebagai wanita yang telah melalui pendidikan tinggi lebih mungkin untuk menunda kehamilan sampai usia 30-an,” ujar Prof Ruth Gilbert Institut Kesehatan Anak, UCL.

Kematian pada anak-anak yang lahir dari ibu di bawah 20 hanya menyumbang 3,8 % dari semua kematian anak sampai berusia sembilan tahun .

Penelitian tersebut membandingkan anak-anak dengan berat lahir yang sama di setiap kategori usia. (bbc)

KOMENTAR