Logo Visit Aceh 2013

Logo Visit Aceh 2013Dalam rangka menyambut Visit Aceh 2013, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Aceh akan mengadakan serangkaian kegiatan. Apa saja?

Kegiatan yang akan dihelat guna menyambut Visit Aceh 2013, di antaranya 25 jenis perlombaan yang selaras dengan semangat ekonomi kreatif, seperti perlombaan resep kuliner, desain cenderamata, t-shirt, dan paket wisata, penulisan karya jurnalistik dan media sosial, batu cincin, SOP atraksi dan permainan rakyat, dan berbagai perlombaan lainnya.

Selain itu, selama Maret, April, dan Mei 2012, Disbudpar Provinsi Aceh juga akan mengadakan 11 kegiatan capacity building. Kegiatan ini melibatkan 2090 peserta yang terdiri dari kelompok sadar wisata, tokoh masyarakat, pengemudi becak, da’i, pengusaha hotel/rumah makan/kafe, travel agent, pengrajin cendramata, seniman, dan guru-guru SMA se-Aceh.

Kegiatan ini merupakan strategi ‘tetesan minyak’ yang melibatkan banyak elemen masyarakat yang nantinya akan menularkan ilmu apa yang mereka dapat kepada masyarakat lainnya. Selain itu, kegiatan bertujuan membuka mindset masyarakat Aceh tentang persepsi pariwisata dalam perspektif Islam dan melatih para pelaku pariwisata untuk memberikan pelayanan terbaik mereka pada wisatawan yang datang ke Aceh.

“Prinsip Disbudpar Provinsi Aceh dengan jumlah dana minimal mampu melibatkan banyak orang dari berbagai lapisan dan mampu menampung lebih banyak ide dan gagasan melalui rangkaian perlombaan dan rangkaian kegiatan capacity building demi suksesnya Visit Aceh 2013,” ucap Prof. Dr. Jasman J Ma’ruf, SE, M. BA, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, pada rilis yang diterima okezone, baru-baru ini.

Masih banyak rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka menyambut Visit Aceh 2013. Rangkaian kegiatan ini diharapkan akan berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan ke Aceh yang akhirnya bermuara pada peningkatan pertumbuhan eknonomi masyarakat sekitar dan menggeliatnya semangat ekonomi kreatif. (ftr/okz)

KOMENTAR